Cinta

Mengenal Bahasa Kasih Pasangan Anda

Membesarkan hati memerlukan empati dan melihat dunia ini melalui kacamata pasangan kita. Kita harus lebih dulu mempelajari apa yang lebih penting dari pasangan kita. (Gary Chapman) Sepulang Yoza dari kantor, istrinya Winny langsung membukakan sepatunya dan langsung mencelupkan kaki Yoza pada sebuah baskom berisi air hangat dan garam. Tidak hanya itu, Winny langsung sibuk membersihkan wajah Yoza dengan waslap hangat demikian juga dengan kedua tangan Yoza. Winny tak memberi kesempatan pada Yoza untuk meregangkan ototnya yang penat, ia langsung menyuguhkan makan malam dan menyuapinya dengan penuh kasih sayang. Dalam benak Yoza menjerit kesal, “Aku seperti orang lumpuh!! Padahal aku hanya ingin kau duduk di sampingku!”

Apa yang salah dari sikap Winny yang penuh kasih? Egoiskah Yoza yang kesal dengan perlakuan Winny? Banyak orang merasa sulit untuk mengerti dan memahami arti cinta diri sendiri atau pasangannya. Tidak masalah, karena memang itu sangat abstrak sifatnya.
Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul Lima Bahasa Kasih pun mengatakan demikian. Bahasa di sini artinya bukan bahasa linguistik seperti bahasa Inggris atau Cina, tapi ini adalah cara mengutarakan cinta emosional yang dilakukan dan dimengerti orang. Jika Anda ingin menjadi komunikator cinta yang efektif, tidak ada salahnya Anda memahami bahasa cinta pasangan Anda.
Bahasa cinta dengan kata-kata pendukung
Banyak pasangan yang kurang mengetahui bahwa kekuatan luar biasa bisa diberikan dengan kata-kata yang mendukung satu sama lain. Itu artinya, pujian, tutur kata yang baik dan positif serta jujur. Ini semua bisa menjadi komunikator cinta yang sangat efektif. Pujian berlebih memang bukan keinginan akhirnya tapi, katakan saja sejujurnya. Banyak orang butuh kata dukungan sederhana dan terus terang tapi tetap positif. Ia akan menjadi kuat dengan kata-kata pendukung seperti :
“Gagah sekali bila kamu menggunakan kemeja ini”, “Terima kasih kamu telah membantu membersihkan meja makan, aku sangat terbantu”, “Usahamu membersihkan kamar sangat mengagumkanku dan tentu saja ini akan sangat membantuku”, dsb.
Bahasa cinta dengan saat-saat mengesankan
Banyak juga pasangan yang tidak bahagia saat harta berlimpah, seluruh kebutuhannya terpenuhi tapi mereka kurang memiliki waktu untuk bersama. Bagi pasangan yang memiliki bahasa kasih seperti ini, mereka lebih mengutamakan kebersamaan dalam menghabiskan waktu-waktu luang. Mereka hanya butuh pasangannya duduk manis bersamanya atau melakukan segala hal yang menyenangkan bersama-sama. Tidak hanya itu, mereka sangat mengharapkan kehadiran pasangannya di saat-saat yang tepat, baik itu sulit ataupun menyenangkan.
Bahasa cinta dengan menerima hadiah-hadiah
Ini adalah bahasa cinta yang mudah dipelajari. Bagi Anda yang memiliki pasangan yang memiliki bahasa cinta dengan menerima hadiah, Anda perlu menjadi seorang pemberi hadiah yang piawai. Pasangan berbahasa ini sangat menghargai hadiah dari Anda dan baginya apapun yang Anda berikan dapat mengingatkan dirinya pada Anda. Tapi ingat, Anda jangan gegabah memberinya hadiah. Ia akan sangat menghargai hadiah Anda bila itu sangat spesial Anda siapkan untuknya dan tentunya itu semua harus dengan ekstra perhatian dari Anda.
Bahasa cinta dengan pelayanan
Bila pasangan Anda memiliki bahasa cinta berupa pelayanan, Anda perlu membuat perencanaan yang matang, waktu yang tepat dan juga pemikiran yang tajam kapan saat-saat yang tepat ia minta pelayanan Anda. Tentunya butuh tenaga ekstra untuk melakukannya, tapi tidak masalah bila Anda pun melakukannya dengan senang hati. Ini bisa menjadi bahasa cinta yang efektif baginya. Karena pada dasarnya mereka sangat membutuhkan pelayanan Anda seperti membuatkannya minum, menyediakan makanannya, memperhatikan obat-obat yang akan diminumnya, menyiapkan pakaian kerjanya atau segala hal yang sifatnya melayani dirinya. Ia akan sangat mengerti Anda mencintainya bila Anda bisa melayaninya dengan baik.
Bahasa cinta dengan sentuhan fisik
Sentuhan fisik sangat dibutuhkan bagi pasangan ini. Artinya, ia akan sangat senang sekali bila Anda memeluknya di saat hatinya gundah ataupun senang.
Pasangan ini akan sangat menunggu tangan Anda membelai lembut rambutnya, menyentuh pipinya di saat resah atau mengusap-usap punggungnya dan menciumnya di saat sedang bercengkrama.
Nah, sekarang Anda dan pasangan masuk dalam bahasa kasih yang mana? Sekarang Anda mengerti bukan, mengapa Yoza berteriak kesal? Yoza memiliki bahasa kasih saat-saat yang mengesankan sedangkan Winny memiliki bahasa cinta pelayanan.

Spread the love

One Reply to “Mengenal Bahasa Kasih Pasangan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *