Tips

Cara Efektif Menaklukkan Stress1 min read

Sebagai pekerja disadari atau tidak, kita sering mengalami stress yang ditandai dengan kepala pusing, bingung atau linglung, tidak bisa tidur, merasa tidak berbahagia, jantung terus berdebar, atau perasaan tidak enak lainnya. Besar kemungkinan Anda dilanda stress. Jangan biarkan stress mengganggu hidup anda apalagi keluarga anda. Cepat atasi dengan :
Belajarlah untuk hidup santai. Pengertian santai adalah dengan meluangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk melakukan pekerjaan atau kebiasaan yang paling disenangi, cukup 15 menit setiap hari. Dapat mengungkapkan perasaan hati. Para pakar psikologi menyebutkan memendam ungkapan atau perasaan hati adalah salah satu sebab meningkatnya stress negatif.
Bergabung dalam kegiataan olah raga dan kesehatan secara aktif, misalnya renang, joging, gerak jalan, yoga, aerobik dan bersepeda santai. Memperhatikan makan yang bergizi adalah kunci utama kehidupan sehat. Misalnya makan ikan, daging dan makanan kaya vitamin. Istirahat yang cukup dan tidur yang teratur. Hindari semua godaan dan kebisingan. Menurut pakar kesehatan Albert H. Brown M.D dari chicago, AS penting sekali untuk mencari jalan keluar dan pemecahan dari suatu masalah.
Jangan terlalu memendam diri. Artinya, jangan terlalu ngoyo dalam melakukan pekerjaan. Beristirahatlah sejenak sekitar 15 menit dalam bekerja untuk membantu kita dalam memerangi segala sesuatu yang akan menimbulkan bermacam ketegangan.
Memiliki rasa humor. Maksudnya tertawa adalah obat yang terbaik. Belajar menerima setiap perubahan yang akan terjadi. Jangan menafsirkan setiap perubahaan sebagai hal yang negatif.

Originally posted 2011-01-10 13:29:37.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *