Kesehatan

Sinyal Bahaya pada Tubuh2 min read

Menyinggung tentang kecantikan, orang selalu memperhatikan kosmetik namun mengabaikan masalah kesehatan. Ilmu kedokteran menunjukkan, bahwa orang yang badannya lemah dan banyak penyakit acap kali memanifestasikan berbagai gejala yang tidak sehat pada kulit dan organ tubuh lainnya.
Hidung Merah
Terlalu banyak makan cokelat dan makanan manis dapat membuat pembuluh darah halus di ujung hidung mengembang, mengakibatkan ujung hidung menjadi merah, karena itu seyogianya kurangi makan makanan manis dan cokelat. Wanita yang memiliki kebiasaan makan makanan kecil atau snack, dapat menggantikannya dengan makan biji buah, buah-buahan, atau susu asam (yoghurt). Jika seluruh hidung menjadi merah akibat terlalu banyak makan manis dan cokelat, maka harus mempertimbangkan apakah beban jantung terlalu berat.


Pipi Wajah Kelam Kabut
Warna kelam kabut pada pipi wajah diakibatkan oleh kekurangan oksigen (O2) dalam tubuh, juga fungsi pernapasan tidak baik. Untuk menghindarinya, seyogianya berjalan santai di taman umum, berlari kecil, dan dilengkapi dengan makan sayur mayur hijau, menambah protein, serta menyerap zat mineral dan serat kasar. Kalau kulit timbul bintik-bintik serta tubuh kekurangan vitamin C dan B, seyogianya banyak makan sayur-sayuran. Jika kulit tampak sedikit kuning, menunjukkan bahwa fungsi hati melemah, karena itu tidak boleh minum-minuman keras (beralkohol).
Lekuk Mata Hitam
Badan terlampau kelelahan, beban ginjal akan terlalu berat. Bersamaan pengendalian terhadap hubungan seksual, seyogianya kurangi makan garam, gula, kopi, teh kental, serta perbanyak makan wortel, susu sapi, makanan dari olahan kacang, buah-buahan dan lain-lain. Jika ada sekelumit darah pada putih mata, itu menandakan telah begadang terlalu larut, seyogianya perhatikan untuk tidur agak lebih awal.
Sedangkan lekuk mata merah dan bengkak, merupakan manifestasi lemahnya ginjal, seyogianya periksa air kencing, membatasi keperluan garam, dan perhatikan istirahat. Timbulnya denyutan pada kelopak mata, menandakan saraf berada pada kondisi lelah, seyogianya melakukan gerak badan, mengendurkan saraf, dan menghilangkan lelah.
Rona Bibir Tidak seperti Biasanya
Orang yang bibirnya pucat kebanyakan adalah kurang darah, berwarna lembayung menandakan mengidap penyakit pada bagian paru-paru, warna hitam ada penyakit pada hati, warna merah kebanyakan suhu badan agak tinggi, dan warna kekuning-kuningan halus menandakan jantung lemah. Bibir agak merah dan kasar, lagi pula terasa mati rasa pada tubuh, harus banyak minum madu, dan banyak minum jus wortel. Orang yang kurang darah seyogianya perbanyak makan hati babi, atau menggunakan bahan obat-obatan bergizi untuk melengkapinya. Orang yang lidahnya pucat dan selaput lidah hijau menandakan mengidap penyakit, seyogianya mengatur kembali makanan dan minuman.
Keriput di Dahi Bertambah
Dahi kadangkala juga bertambah keriputnya. Itu menandakan beban hati terlalu berat, harus berhenti minum-minuman keras, kurangi makanan berlemak hewani, dan setiap hari paling sedikit minum 3 liter air mineral, dan usahakan diet sedikit, memelihara semangat yang optimistis.
Rambut Cepat Beruban
Ubanan yang terlalu cepat diakibatkan karena kelewat batas berpikir, dan perasaan tertekan. Untuk mengatasinya, perbanyak makan jenis tumbuh-tumbuhan air, buah-buahan, susu sapi, makanan dari olahan kecang-kacangan, kedelai hitam, wijen hitam dan lain-lain. Jika perlu dilengkapi pengobatan dengan obat-obatan, sekaligus harus memiliki sanubari yang optimis, jangan murung yang akhirnya membuat rambut memutih.
(Sumber: Dajiyuan)

Originally posted 2011-05-21 23:28:06.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *