Iptek Kesehatan Tahukah Anda

Faktor Yang Menyebabkan Kanker Rahim2 min read

TERKADANG Anda tidak menyadari bahwa kebiasaan yang sering Anda lakukan ternyata menjadi pemicu munculnya kanker dalam rahim Anda. Memang ini tidak sepenuhnya salah Anda, mungkin saja karena ketidaktahuan Anda. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan para wanita, misalnya karena ingin selalu tampil bersih, sehingga sering mencuci vaginanya dengan antiseptik. Padahal apa yang dilakukannya tanpa ada saran dan anjuran dari dokter.
Contoh lain adalah Anda sering menaburkan bedak bubuk pada vagina Anda yang juga masuk dalam kategori kebiasaan yang yang memicu munculnya kanker rahim. Menurut Dr. Nasdaldy, SpOG dalam sebuah seminar yang diadakan di RS Dharmais, bahwa sangat penting mengutamakan pencegahan karena otomatis akan mencegah terpaparnya substansi yng menyebabkan kanker itu tumbuh dan menyebar luas. Pencegahan awal bisa dengan cara menghindari tindakan yang memicu atau memeriksakan diri jika sudah ada gejala-gejala sakit atau nyeri di sekitar perut atau rahim.

Berdasarkan keterangan beberapa dokter di RS Dharmais, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari dari serangan kanker rahim.

Merokok
Pada prinsipnya nikotin mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau terangsang. Terutama pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Semakin banyak nikotin yang Anda hisap maka semakin banyak yang diserap oleh tenggorokan, akibatnya semakin besar kemungkinan tiga organ itu terkontaminasi.
Pembersihan vagina
Berbagai merk antiseptik pembersih khusus vagina di pasaran dengan slogan iklan yang sangat menggoda. Padahal bahan kimia pada antiseptik tersebut akan menimbulkan iritasi pada leher rahim. Seringnya para wanita tergoda oleh label obat pencuci yang konon mampu membasmi kuman pada vagina. Padahal pada vagina terdapat kuman yang disebut Basillus Doderlain, penghasil asam laktat yang memang fungsinya menjaga kelembaban vagina.
Menaburi bedak pada vagina
Kesegaran akan selalu membawa efek nyaman bagi kita. Begitu juga jika Anda memang selalu ingin menjaga vagina Anda segar, biasanya suka menaburinya dengan bedak. Namun ternyata di samping kesegaran yang diinginkan ada kemungkinan terkena kanker ovarium (indung telur). Karena jika ada satu butir dari bedak tersebut yang menempel, maka akan mengalami infeksi dan menimbulkan luka di ovarium.
Diet rendah lemak
Lemak potensial memproduksi hormon estrogen, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak maka estrogen pun semakin banyak. Jika endometrium (badan rahim) terpapar oleh hormon ini maka akan cepat sekali berubah wujud menjadi kanker. Jadi pola makan pun berkaitan dengan kemungkinan Anda mengidap kanker.
Stabilkan asupan vitamin
Karena terlena oleh makanan yang enak-enak, terkadang asupan vitamin jadi terlupakan. Vitamin yang sering terlupakan namun sangat penting untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa, material dalam leher rahim adalah vitamin C, berat karotein dan asam folat. Jika Anda kekurangan vitamin-vitamin tersebut, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan terserang kanker leher rahim. Untuk itu perbanyaklah makan sayur-sayuran dan vitamin C.

Originally posted 2011-07-18 08:59:40.

Spread the love

139 Replies to “Faktor Yang Menyebabkan Kanker Rahim

  1. saya mau bertanya
    saya umur 17 tahun dan sya sudah sering melakukan hubungan sex dengan pacar saya.
    saya takut terkena kanker rahim karena pacar saya suka memasukan tangannya ke dalam vagina saya.
    saya mulai mengalami sakit d bagian perut kiri saya.
    apakaah saya terkena kanker????
    tolong di jawab yaa……
    please…

  2. Saya mau tanya,tanda-tanda lain penyakit ini itu apa aja ya??
    saya baru denger 3 hari yang lalu klo tante saya abis operasi,katanya dokter sih dia kena infeksi kronis rahim. Apakah itu bisa mengarah ke penyakit kanker rahim?? gejalanya baru dia rasakan dua bulan yg lalu, di merasa tiap haid, terasa sakit pada bibir vaginanya. terima kasih. tolong dibales ke email saya.

  3. bulan februari saya keguguran anak kedua, kemudian setelah kuret siklus haid saya semakin tidak teratur alias tidak berhenti2. setelah diperiksa ke dokter ternyata saya divonis hiperplasi tipe sistika. yang ingin saya tanyakan, apakah ini akibat dari kuret yang kurang bersih atau ada penyebab lain. apakah saya bisa disembuhkan?? dan apakah ini bisa mengarah ke kanker badan rahim? trimakasih.

  4. Saya mau bertanya.
    1. Apakah bahayanya masturbasi apabila dilakukan saat wanita tersebut masih dibawah 20 tahun dan bisakah berdampak terkena kanker ?
    2. Apakah dampak dari perilaku seks yang dilakukan wanita berumur dibawah 20 tahun ?
    3. Bagaimana aktivitas seks yang baik ?
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  5. saya 21th.
    mo tny, kenapa tiap hari daerah vagina saya keluar cairan seperti darah?
    setiap senggama jg keluar darah banyak.apakah itu termasuk gejala penyakit kanker rahim?bagaimana cara pencegahannya?karena saya takut buat periksa ke dokter.makasih….

  6. anna: pertanyaan anda telah di jawab melalui email, silahkan cek email anda. jika anda tidak menerima kemungkin besar email yang anda berikan tidak valid.

  7. sy ingin bertanya. sy prnh kegu2rn usia kndungan jln 3 bln. sy tdk periksa ke dktr ttp ktka perdrahan tdk slesai sy priksa ke dokter. dktr ksh obat dan rahim diperiksa trnyata ada myium. brpa lm stlah itu perut bagian bwah sblh kanan sya sring terasa nyeri. apakah ini gelanja awal kanker rahim? ๐Ÿ˜ฅ

  8. Istri saya kemaren abis diperiksa, udah 1 tahun suka fleks/ kadang haid 1 hari di hari ke 13-17, padalah hari pertamanya rutin (siklunnya 30 hari dan tetap). Kemaren di USG ketebalan rahim mencapai 23 mm, katanya hyperplasi (maaf kalo salah eja) pada hari ke 13, dan di dlm rahim terdapat banyak cairan darah. Sebelumnya hari 10 istri saya HSG. Dokter saranin mikro kuret. Ada kemungkinan lainkah? sebelumnya udah beberapa kali USG tidak terjadi hal spt ini. Telurnya juga gak ada, padahal biasanya besar dan bagus. Sebelumnya istri saya minum XEROPHENE

  9. saya gadis berumur 19 tahun
    saya sering melalukan masturbasi dengan pancuran air
    karena saya tidak suka jari saya menyentuh bagian2 tersebut
    yang saya tanyakan apakah hal tersebut bisa merobek selaput vagina saya;;
    dan ahayanya secara medis apa??
    terima kasih

  10. sy ingin bertanya, perut bagian bwh sy suka sakit dan nyerinya sampai ke kaki disebelah kiri dan
    disekitar vagina, apakah ini gejala kanker rahim atau yang lain. Setiap bulan saya halangan
    sampai dua kali tapi yg kedua keluarnya warna coklat campur darah, saya udah cek dokter
    kandungan, setelah diperiksa katanya tidak ada bermasalah di daerah rahim saya, tapi saya masih
    bingung. Mohon dijawab.
    Terima kasih

  11. setahun yang lalu saya haid sampai 1 bln, dan darahnya itu seperti orang keguguran besar-besar. shg saya tdk bisa beraktifitas spt biasa.dokter blg karena hormon. haid saya tidak teratur. kadang 4 atau 5 bln skali baru haid. tapi darahnya tidak spt kebanyakan wanita normal.kadang coklat dlm beberapa hari dan selanjutnya merah spt air, encer. yang saya tanyakan apakah ini berbahaya. saya sdh menikah (3 thn) tapi blm punya anak. mohon jawabanya. trimakasih

  12. pacar saya sering memasukkan jarinya kevagina saya,stlh beberapa hari vagina saya mengeluarkan darah,apakah saya terkena kangker rahim?

  13. lah saya mau tau umur berapa aja si bisa kena kangkr rahim? ๐Ÿ˜€
    saiian binggung ko isa terjadi nya kangker rahim?
    apa si penyebab kangker rahim?
    apa aja gejala yang muncul saat terkena kangker rahim?

  14. aQ mau tanya
    bila orang yang sedang berpacaran dan sang co sk meremas” dan memasukan jari kedalam vagina dapat menyebab kan kangker rahim?
    tmn saya sudah sering melakukun hub sex secara diam” lebih dari 20 kali
    namu mengapa aneh nya sang cw tidak hamil?
    ko bisa? ๐Ÿ˜
    oya tmn saya tdk menggunakan pengaman saat melakukun hub

  15. pacar saya pernah memasukkan jarinya kedalam vagina saya.
    apakah itu beresiko menderita kanker rahim dan kehamilan?
    bagaimana prosesnya apabila terjadi..
    harap dibalas cepat.. plizzz

  16. saya mau bertanya
    saya umur 26 tahun dan sya sudah sering melakukan hubungan sex dengan pacar saya.
    saya takut terkena kanker rahim karena pacar saya suka memasukan tangannya ke dalam vagina saya.
    saya mulai mengalami sakit d bagian perut kiri saya.
    apakaah saya terkena kanker????
    tolong di jawab yaaโ€ฆโ€ฆ
    pleaseโ€ฆ

  17. bagai mana cara pencegahan kanker rahim dan bila mana kita telah mengidap penyakit tersebut

  18. bagai mana bila kitta telah mengidap penyakit kanker rahim, apakah tidak ada jalan lain untuk mengobati ya, selain operasi

  19. Ibu sy,( 50+),janda, sudah lama ini haid.Pdhl sempat brhenti.Kadang banyak seperti keguguran,kadang sedikit dan kadang hanya keputihan.Dan berbau tidak sedap.Juga terkadang terasa sakit di perut bag.Bwh.
    Menurut bnyk orang dan menurut dokter,itu normal ktnya gejala menopause.Tp sy kasian tiap terasa sakit.

  20. pd alat kelamin bagian luar saya skrg ada benjolan2, bntuknya spt kutil/tahi lalat, benjolan2 tsb ltknya brdekatan jd spt bergerombol,
    tdk ada rasa sakit, gatal, perih dan lainnya..
    benjolan apakah itu?
    apkh sy mengalami gejala kanker rahim? ๐Ÿ˜ฅ
    tolong di balas
    thx

  21. saya (24 th) baru punya anak 1. saya mau tau ciri2 atw tanda tanda orang yang terkena kanker rahim.
    tolong balas ke alamat email saya. Terimakasih

  22. gejalanya apa sih kalau kita kena kanker rahim?? saya suka sakit waktu BAB,, tapo kalau lagi menstruasi aja!!!itu termasuk gejala ga?
    Tolonh di jawab, dan terima kasih!!

  23. Saya seorang ibu dari 1 putri umur 2 tahun, saya pernah mengalami menstruasi 3 X dalam 1 bulan dan yang terakhir darah yang keluar sangat banyak sampai sampai sampai saya harus ganti pembalut setiap 2 jam sekali dan dihari kelima saya konsultasi ke dokter kandungan,dan saat itu saya disuntik dan diberi obat agar menstruasi saya berhenti. Menurut keterangan dokter tersebut kalau darah yang keluar selama ini adalah akibat hormon maka setelah saya disuntik harusnya menstruasi saya berhenti dan kalau tidak berhenti juga berarti itu karna penyakit, memang setelah disuntik dan minum obat dairah yang keluar tidak terlalu banyak dan benar – benar berhenti dihari ke tiga setelah saya berobat. Pertanyaan saya apakah saya terkena penyakit atau hanya karna hormon saya yang tidak stabil?.
    Demikian pertanyaan saya, mohon penjelasannya.
    Terima kasih, Wasallam

  24. saya ingin bertanya apakah kanker payudara dapat dikenali dewngan penglihatan mata sendiri dan tolonh dijawab…
    terima kasih.. ๐Ÿ˜›

  25. apakah menahan pipis bisa menyebabkan kangker juga? saya takut..
    saya halangan sebulan 2x, dan halangan yang ke dua itu selalu 4 hari sebelum halangan yang pertama dan halangan yang kedua, baunya tidak sedap dan sedikit keluarnya, apa karna saya suka mehan pipis atw yang lain.. mohon bantuan

  26. saya sering merasakan sakit disebelah kiri perut saya,dan kalau berhubungan sama suami akan keluar darah beku,apakah saya terkena kangker mulut rahim,kalau iya apa obat nya?,mohon di jawab yah,trimakasihnn1

  27. saya mu tnya panyebab lain dari kanker rhim itu apa???yang lebih jelas ato yang lebih spesifik lagi… ๐Ÿ˜‰ tlg dijwb..terimakasih

  28. saya mau tanya, apa penyebab terjadinya keluar flek jika sedang kelelahan, sebelum menikah jika kelelahan kadang saya keluar flek, setelah menikah frekuensinya lebih sering (setiap kelelahan kluar flek)sampai setelah berhubungan sex keluar darah , apakah ini normal,apakah ini salah satu tanda2 kanker rahim. Mohon penjelasan, terima kasih

  29. saya mw tanya..
    saya berumur 18 tahun tpi saya blm prnh menstruasi..suka merasa sakit diprutnya.
    apakah itu ada tanda2 kanker atau gmn?
    terima kasih

  30. saya mau tanya nich ….
    saya berumur 26 tahun dah menikah kira2 1.5 tahun dan belum hamil juga. saya sejak awal haid siklus haid tdk lancar bahkan pernah 8 bulan tdk haid dan sekarang 3 bulan saya blm haid, tetapi sekali haid sakit dan banyak sekali lalu lama sekali pernah sampai 2 minggu lebih. kenudian akhir2ini setiap selesai berhubungan saya keluar darah seperti orang haid tetapi hanya 1 hari saja…. kira2 otu dah masuk kena kanker ato tdk ???? plese dijawab ya soalnya saya takut gak punya anak …… makasich sebelumnya

  31. ass.saya sering mastrubasi tapi tdk sampai memasukan jari ke vagina saya kadang2 merasa nyeri pada perut bagian bawah pada saat 2 minggu atau 1 minggu sbelum haid..pa itu berbahaya???pa tnda2 kanker rahim

  32. apakah setiap orang yg melakukan hubungan sex dengan menggunakan kondom itu bakalan kebobolan????? please jwb yaah???

  33. Ass.
    saya mo tanya, dah dua mggu, sejak tgl 17 oktober sampai sekarang tgl 04 November, vagina saya selalu mengeluarkan darah walaupun sedikit,tapi tdk ada rasa sakit saya takut klo itu adalah gejala kanker rahim,apakah tanda2 kanker rahim itu? apakah selalu mengeluarkan darah? dan apakah kanker itu pada awalnya tidak menimbulkan sakit?
    Mohon jawabannya, karena saya takut dan bingung sekali
    Trims.
    Mput

  34. Ass. saya usia 27 thn dan belum menikah, saya mo tanya tanda-tanda yang bisa dideteksi untuk kanker rahim itu apa saja ya?beberapa bulan terakhir ini saya mengalami gejala ketidakwajaran terhadap siklus haid saya, rata-rata saya mengalami haid 2 bulan sekali dan ditandai dengan munculnya jerawat besar seperti kumpulan lemak cair di dagu secara terus menerus mesti sudah diobati, apakah itu salah satu gejala ada kelainan di rahim saya? terima kasih atas jawabannya

  35. sy cw umur 20 thn
    dl wkt pcrn dgn pcr sy yg lm sy srg mlkukn hbgn sex dgnx..
    tp sjk km pts dan sy pindah, smpe skg sy tidak pernah haid.
    krg lbih 2thn. sy sdh perikssa k dr tp katax pengaruh hormon.
    apa itu bisa jadi kanker rahim?
    klo sering masturbasi bisa kanker rahim jg yah?
    tlg d jwb. makasih sblmnya.. ^____^

  36. saya 24 th, setiap kali mau haid atau sesudah haid sering keputihan. berulang kali periksa ke dokter hanya sembuh sesaat kemudian kambuh lagi. kata dokter menandakan bahwa saya dlm masa subur. keputihan saya tidak berbau namun gatal sekali dan seperti bubur putih. apakah itu berbahaya? dan sebaiknya saya papsmear atau tidak? saya belum menikah

  37. Saya mau tanya nech……
    sekedar ingin tau aja
    apakah wanita yang belum menikah (belum pernah berhubungan) bisa mengidap penyakit kanker rahim????
    Thks

  38. aslm…
    benjolan yang kadang timbul kadang ilang tp rasanya sakit di kemaluan wanita apa termasuk gejala kanker rahim/ jenis penyakit yg membahayakan lainnya,,,,,??
    tolong jawab y,,,,,,,,
    wslm

  39. saya mau bertanya
    saya umur 22 tahun dan sya sudah sering melakukan hubungan sex dengan pacar saya.
    saya takut terkena kanker rahim karena pacar saya suka memasukan tangannya ke dalam vagina saya.
    saya mulai mengalami sakit d bagian perut kiri saya.
    apakaah saya terkena kanker????
    tolong di jawab yaaโ€ฆโ€ฆ
    pleaseโ€ฆ

  40. apakah memaksukkan jari dalam vagina bahaya???????????
    bahaya ny ap??????? ๐Ÿ™„ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ฅ ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ‘ฟ :mrgreen: ๐Ÿ˜ฏ ๐Ÿ˜ก โ— โ“ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜• ๐Ÿ˜ โžก

  41. dok, stiap bulany sy tdk rutin dtang bulan dan klo sy dtang bulan, sy sring mengalami rasa sakit yg amat sangat d…apakh tu biasa dok ??? apakh sy bisa terkena kanker rahim ???
    thx dok,

  42. saya pernah aborsi dengan cara minum obat saat usia kandungan saya 4 bulan,sebelum minum obat ketuban saya sengaja di pecah..
    setelah aborsi itu setiap saya haid pasti bagian perut syaa sakit dan berdenyut..
    apakah berbahaya dan apakah saya akan terkena kanker??

  43. sy mo nanya niehh,,,
    umur saya 35 thn suami saya sering skali jika kami “ml” menggunakan buah2an utk dimasukin ke vagina sy apa itu bs menyebabkan kanker….???
    pliiizzzz di jawab yaaa…??? ๐Ÿ˜ณ

  44. umr sy br 19th .. tp prnh ada orng yang bisa baca penyakit seseorang hanya lewat mata .. orng itu pernah nanya apa haidku lancar karena org trsbt bilang kalau saya ada gangguan di rahim … perut saya memang sering sakit dan itu memang sering .. tp yang sy takutkankan gangguan rahim itu apa selalu membuat seorang wanita tdk bisa mempunyai keturunan????? dan ada penyakit apa aja di dlm rahim itu???? apa saja tanda-tandanya???????? sebelumnya terima kasih dan mohon di balas …..

  45. kenapa “v” saya sering mengeluarkan darah tiap berhubungan intim โ“
    dulu saya pernah aborsi, dan mengalami pendarahan. setelah iti saya periksa, kata dokter saya sehat2 aja ๐Ÿ™ โ“

  46. saya cew usia 17 tahun.saya sering melakukan hub sex dengan pacar saya.dia sering memasukkan jarinya ke dalam vagina saya.apakah itu juga akan menimbulkan kanker?dan resikonya untuk vagina saya apa??
    thanks a lot

  47. hm…gw sering sakit klo agy dapet bahkan suka nyampe muntah”…pucink…
    kadang klo ga agy dapet juga suka cakit perutnya..
    trus klo lagi sakit jalan juga sakit…
    gw…sering keputihan yang berlebihan kadang suka nyampe b’warna coklat kaya yang mo dapet gitu…
    gw suka kontrol sich tapi dokter paling2 juga ngomongnya jangan kecapean, jaga makanan nya, jaga kelembaban organ kita….
    waktu tu pernah di kasih obat salep buwat di olesin ke vagina ….tu…berbahaya ga yupz…buat gw…gw…khund masih umur 18 tahun…
    truz pencegahan nya gimana gw takud banget klo gw kena penyakit yang jadi momok bagi para cewe ni….
    rebh yuuupZZzzzz

  48. apakah memaksukkan jari dalam vagina bahaya?
    apakah dapat menyebabkan kanker rahim?
    terima kasih ๐Ÿ˜‰

  49. saya punya masalah keputihan. kadang terjadi dalam kurun waktu yang lama, kadang juga tidak keluar sama sekali. kadang berwarna putih bening, kadang putih seperti susu, trus lendirnya kadang encer seperti air kadang juga lengket. apakah ini normal ato tidak.
    atas jawabannya terima kasih

  50. apakah sering membersihkan vagina dengan sirih berbahaya?apakah memasukan jari kedalam vagina berbahaya dan dapat menyebabkan kanker rahim ๐Ÿ™„ ๐Ÿ‘ฟ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜ฏ please jwab yach…………soalnya aku takut banget

  51. Saya ingin bertanya:
    APabila sering melakukan masturbasi tanpa alat, tp belum pernah berhubungan badan.
    1. Apakah bisa terkena kanker serviks?
    2. Bagaimana cara medeteksi kanker serviks tanpa papsmear? bolehkan langsung saja vaksin?
    3. Bolehkan menggunkan Lactacid sehari2 ? Bolehkah membasuh vagina dengan air hangat untuk mengurangi gatal pd vagina?
    Thanks

  52. dok……,,
    aq mu tanya,,kalo tiap datang bulan,, saya sll minum kiranti n tu rutin,,,,
    apakah itu bahaya dan bisa menyebabkan kanker rahim??????????….
    thx ya dok….??

  53. apakah memaksukkan jari dalam vagina bahaya?
    apakah dapat menyebabkan kanker rahim?
    saya mempunyai keluhan ttg keputihan kdng2 berwarna putih sprti susu dan lengket+bau yg menyengat apakah itu normal atau..???? โ“

  54. Sy mw bertanya….
    Sy sekarang negh sedang hamil,kemungkinan usia kandungan saya 3bln.Tp suami sy hampir tyap hari selulu minta berhubungan!Apakah itu berbahaya buat kandungan sy?? n’knp di vagina sy sllu mengeluarkan keputihan dan bsah trus sehingga terasa bau tak sedap?kira2 knp ya……..please tlong di jwb..

  55. umur saya 20th.
    Sudah 4minggu di vagina saya sekarang keluar darah seperti haid,kadang suka keluar gumpalan darah.
    Tapi saya tdk merasakan sakit apapun.
    Haid saya tidak teratur kadang bisa 3-4bln sekali saya haid. ๐Ÿ˜•
    apakah ini disebut gejala kanker rahim???
    Please tolong beritahu saya,penyakit apa yg saya alami & kemungkinan terburuknya apa yg akan terjadi???

  56. MamiQw klo mens darah yang keluar sangat banyak..
    Terus, tiap kali mens selama 3 hari pertama selalu kesakitan ditambah tiap bulan bisa mens sampai 2x atau bahkan lebih,,
    dan sakitnya kayaknya bukan sakit biasa,,
    coz kadang sampe pucat n pingsan,,
    apa ini kemungkinan gejala kanker rahim??
    terus cara ngobatinnya gimana yah??
    apa penyakit mami ini sudah bisa dibilang parah??
    apa juga perlu di operasi??
    obat yang paling efektif apa ya??
    maaf ya nanyanya kebanyakan,,
    tulung di jawab..
    tx b4..
    GBU..

  57. sebelumnya sy minta tolong mau bertanya apa setelah kuret bisa menyebabkan kanker rahim?,apa dg menstruasi yg keluar darahnya banyak penyebab gejala kanker rahim?,tolong jwb pertanyaan sy. Trim’s

  58. umur aku 21thn setiap dateng haid pasti sakit bangt sampe gak bisa ngapa2in!!!itu udach dari aku smp…apa karena hal tersebut bisa kena kangker?dan kadang2 sebulan bisa 2 kali dapet haid tapi kata tmen aku itu cuma kecapean!!!trus aku juga takut kena kista…apa kista itu keturunan yach???dan apa yang dapat menyebebkan hista?
    maaf prtnyaanya banyak..aku gak berani kedktr!!tkut pas perirsa bikin syok… ๐Ÿ˜€ makasih..

  59. saya mau bertanya, 1 minggu yg lalu saya mendapati jamur di vagina saya dan terasa gatal. tetapi saat ini saya sudah mengkonsultasikannya ke dokter, saya diberi obat oles dan minum. selama 3 hari rasa gatal tersebut tidak berasa lagi. dan sepertinya saya sudah sembuh, kemudian saya melakukan hubungan seksual. apakah hubungan seksualitas tersebut bisa mengakibatkan kanker rahim? atau bagina yg pernah didapati jamur akan beresiko kanker rahim?
    tolong dijawab… pliss…
    saya tunggu di email saya…
    makasi banyak..
    Gbu..

  60. saya cew 18 th, setelah haid atau waktu mau haid aku mengalami keputihan yang banyak sekali berwarna putih bening seperti air. keputihanku banyak g wajar banget rasanya tuh seperti mengalami haid , perut terasa sakit banget seperti orang mengalami haid. waktu mengalami keputihan tersebut kadang terasa gatal. kadang juga g terasa gatal, biasa seperti orang haid. apakah itu termasuk gejala dini kangker rahim atau apa? mohon balasan secepatnya, di email saya,,,saya tunggu sebelumnya makasih banget

  61. saya sering membersihkan Vagina saya dengan pancuran air
    karena saya tidak suka jari saya menyentuh bagian2 tersebut
    yang saya tanyakan apakah hal tersebut bisa merobek selaput vagina saya;;
    dan ahayanya secara medis apa??
    terima kasih

  62. Umur saya 28th, sudah menikah 4.5th dan sudah dikarunia’i putra. tgl 1 january saya mens sesuai siklus bulanan (5 hari sudah bersih) lalu pada tgl 09 jan malam perut sebelah kiri saya sakit sekali trs keluar darah sedikit tp hanya seperti flex.setiap sakit diperut saya lalu keluar flex. sebelumnya saya mengalami keputihan tp cuman kadang2 dan enggak bau. Saya sudah periksa ke dokter kandungan ( di USG dan di cek kelaminnya) katanya normal dan dikasih obat anti biotik. tp sewaktu saya lupa satu hari tidak minum obat, perut saya sakit lg dan keluar flex lg.apakah itu gejala kanker leher rahim ?

  63. aku berumur 23 tahun aku mau nanya apabila diumur saya ini mens saya ini nggak teratur tanggalnya maksud saya bulan yang lalu tanggal 7 lalu bulan berikutnya mens dengan tanggal yang sama tetapi bulan ini mens saya malah tanggal 20 apa itu masih normal?dan darahnya itu nggak seperti biasa rada pucat kenapa ya?

  64. umur saya 2o tahun baru menikah 1 tahun, sejauh ini saya belum memeriksa gejala penyakit saya ke dokter, gejala penyakit yg saya alami sekarang, nyeri di sekitar rahim saat nyeri itu kambuh saya merasa sangat sakit tetapi tidak berlaku lama dan nyeri itu juga tidak selalu muncul kadang2 1 minggu sekali, apakah itu termasuk kanker rahin
    terima kasih

  65. saya wanita berumur 20 th memiliki masalah dengan kesehatan pada perut
    saya sering berhubungan dengan pacar saya, jarinya pun sering masuk ke dalam vagina saya
    kadang dari vagina saya keluar gumpalan daging sedikit berwarna coklat tua.dan perut saya sakit
    apakah ada pengaruhnya terhadap kondisi kesehatan vagina saya atau rahim

  66. Dok, Saya IRT 25 thn, punya anak 3, sering sakit perut tembs blkang, prnah berhub intm sama suami kok ada darah padhal saya tdk dlm haid.
    Memang saya nikah saat usia saya 16 thn.
    trus, hampir smua gejala yang disebutin di web ini ada pada saya, saya juga sdh papsmr dan hasilnya ada “Peradangan” pada V saya.
    tlg jawabannya.
    Thanks.

  67. Saya Seorang ibu rumah tangga, pada saat berhubungan dengan suami saya, saya sering mengalami sakit pada saat suami saya memasukkan penisnya ke vagina saya. dan saat ini suami saya lagi tugas d luar kota selama setahun dan saya sering mengalami gatal-gatal di pinggir mulut vagina saya dan gatalnya itu tidak bisa di tahan. apakah kedua hal tersebut adalah gejala kanker mulut rahim mohon bantuannya Plzzzzz kirim ke email saya

  68. q cewek berusia 17 tahun………..
    ada temen sy yang seumuran dengan sy yg sering melakukan hubungan sex dengan pacarnya…. terus dia kalau keputihan parah banget. sampe berlendir gitu…
    dia juga pernah cerita kalau neneknya dulu pernah kanker rahim… apa dengan gejala-gejala seperti itu bisa disebut sebagai gejala kanker rahim atau pemicu kanker???

  69. q mau nanya,,,, ada temen q yang saat ini berumur 17 tahun…dia udah sering melakukan hub sex dengan cowoknya…kalo dia keputihan parah banget… n sering keluar lendir-lendir gitu…. apa itu bisa disebut gejala kanker?terus dulu neneknya dia meninggal karena kanker rahim, apa itu bisa sebagai pemicu kanker? ๐Ÿ˜• โ“

  70. Salam…
    Q mw tx neh,uda 1thun neh aq sring klwr drah dluar siklus haid.
    UmurQ 21th n uda pnah nglakuin hub sex ma tunanganQ,dlu q pkr tu drah kprawananQ tp kq smpe skg gak brhnti2.
    Drh yg kluar kdang bentuk gumpalan hitam&drah cair.
    Tiap nglakuin hub intim,prut d ats vagina slalu skt&slalu kluar darah.
    Aq tkt priksa ke dokter,aq tkt bget…
    Apa kmungkinan aq mengidap kanker rahim&mkanan/obat apa yg sbaeknya aq konsumsi untk menyembuhkanx?
    Tlg blz k emailQ ya..mkasie bnyak

  71. Dok, vagina sy berjamur dan srg sy garuk shg mjd lecet. Sy perhatikan smkn lama smkn mlebar jamur nya, rasanya gatal skl shg sy terus menggaruknya. Sy malu untuk pergi ke dokter. Apakah ada obat yg dpt myembuhkannya shg sy tdk perlu ke dokter. Sy belum menikah dan tdk pernah bhubungan bdn. Tlg bantu sy dok, krn gatal nya sgt menyiksa. Satu lg dok, apakah sy bs tkena kanker dok
    terimakasih

  72. aslm,,,,
    dok dok mo nanya neh,,klo sering keluar darah kayak mens padahal masih diluar siklus mens kenapa ya??? gak kerasa sakit juga biasa aja gitu…terus hampir setiap hari pasti ada keputihan dan saya bersihin pake jari dimasukan ke vagina, kadang ada keputihan yg sudah agak mengeras di veginanya….apakah itu salah satu ciri kanker juga ya???? boleh gak c ngebersihin pake jari??? oiya perut sebelah kiri juga sering sakit….tolong dibantu ya,,,usia saya sudah 17 thn…maksih yaaaa ๐Ÿ˜ฅ

  73. Ass…
    Ada p’tanyaan yg selama ini mengganjal saya..
    1. Apakah memasukkan jari ke dalam vagina bisa merusak selaput dara dan dapat berdampak menyebabkan kanker rahim??
    2. Sebenarnya apa saja penyebab selaput dara menjadi robek selain berhubungan intim??
    3. Apakah robeknya selaput dara dapat membuktikan bahwa seorang wanita sudah tidak perawan lagi???
    4. Benarkah jika memasukkan jari ke dalam vagina dapat menghilangkan keperawanan??
    5. Benarkah apabila aborsi dengan meminum ramuan jamu dapat menimbulkan kanker rahim??
    6. Apakah kista termasuk dalam kategori kanker rahim??
    7. Bagaimana dampaknya untuk ke depan nanti apabila sudah terkena kanker rahim??
    Saya tunggu jawabannya..Terima kasih…
    Wasslm..

  74. saya sering bgt k putihan dan datang bulan saya tidak teratur kadang telat 2bln apa ituh gejala kangker rahim?

  75. ass..
    1.apa saja c gejala2 kangker rahim?
    2.bagai mana cara mencegahnya?
    3.apa dampak dari terkena kangker rahim ini?
    4.penyakit kangker rahim di sebabkan oleh faktor keturunan apa firus?
    5.bagai mana org yg terkena penyakit ith bisa menyebabkan kematian?

  76. 1.apa tanda” gejala kangker rahim? 2.bgmn kt tau klo selaput dara sdh robek? 3.amankah stiap brhbgn intim tanpa pake kondom? 4.setelah bbrp hari brhbgn intim knp miss v berbau sgt tdk sdp, apakah terkena kangker rahim?

  77. saya mau tanya,
    belakangan ini saya seing sekali mengalami sakit pada bagian perut sebelah kiri saya, dan seperti ada benjolan yang keras ketika di pegang, apakah itu tumor atau saya terkena kangker rahim?
    tolong bls ya…?( ke email )
    tima kasih.

  78. Saya mau bertanya dan MOHON SEKALI di jawab ya….Trimaksih ๐Ÿ™‚
    Saya pernah melakukan aborsi hampir 3 thn yang lalu,setau saya wkt itu semua lancar.krn MANTAN saya bilang tdk perlu dibersihkan ke dokter.TAPI saat ini saja jadi PARNO banget karena sekarang ini setiap saya ML dengan pacar saya selalu berdarah dan baunya amis sekali.tetapi kalau selesai berhubungan tidak mengelurkan darah.Haid saya memang tidak teratur biasanya 2 minggu br benar” selesai.Tp hampir sebulan kejadian setiap saya ML selalu berdarah.Saya takut ke dokter,walaupun saya tau itu harus.Ada yang bil.kemungkinan saya kena kanker rahim,apa itu benar?Tlg dibalas ya.Trimaksih

  79. saya ibu rumah tangga.umur saya 26 tahun udah menikahand punya anak satu saya mau nanya
    saya kadang takut kalau saya terkena kangker rahim masalahnya saya tante saya meninggal karena kangker rahim makanya saya mau nanya apakah kalau suami saya berhubungan selalu aja bercumbu and memasukkan jarinya ke dalam alat vital saya.oh yah waktu masih gadis saya juga pernah memasukkan jari tangan saya

  80. maaf saya blom menerima jawaban dari pertanyaan saya sebelumnya :
    APabila sering melakukan masturbasi tanpa alat, tp belum pernah berhubungan badan.
    1. Apakah bisa terkena kanker serviks?
    2. Bagaimana cara medeteksi kanker serviks tanpa papsmear? bolehkan langsung saja vaksin?
    3. Bolehkan menggunkan Lactacid sehari2 ? Bolehkah membasuh vagina dengan air hangat untuk mengurangi gatal pd vagina?
    Thanks

  81. saya mw tanya,,,,,, ๐Ÿ˜•
    agak panjang ni,maaf ya!!!!!! ๐Ÿ˜
    gini,cew umur 17 taon.saya dah mulai haid sejak 1smp.tapi sampai kemarin haid saya g pernah teratur.kadang 1bulan 2kali,kadang malah 10hari haid baru selesai.yang paling parah saya pernah sampai 3mingguan, slaen tu perut bawah kiri saya juga sakit?nyeri gt kata dokter banyak kotoran yang belum keluar.abis tu saya priksa ke dokter lg ttg haid tu katanya itu hormonnya yang belum normal&DUB,cz blm 17 taon trus saya jalani pengobatan, alhamdulillah normal tp ko sekarang aneh, saya haid cm kecoklatan slm sminggu abz tu 3minggu brikutx baru darah merah, tu kejadian 2kali, sekarang perut saya sakit lagi padahal maaf,BAB saya teratur dan setiap hari. trus dari yg saya rasakan tu, gejala kanker rahim bukan ya???????? ๐Ÿ™„

  82. dok, saya wanita usia 23th. menikah usia 18 dan sudah punya 3 anak. saya punya riwayat 3x keguguran. dikuret hanya pada keguguran kedua. 2 persalinan terakhir saya, melalui caesar.
    3 bulan lalu, 2 mggu sth mens saya mengalami sakit perut spt nyeri sblm mens, lama2 rasanya spt mau BAB. sehari kmd hilang tapi disusul keputihan dan pinggul sakitsekali. bln berikutnya seperti itu lagi,dok.
    skrg saya makin kawatir karena 2x berhubungan intim pasti stlhnya saya mengeluarkan darah. sewaktu koitus saya jg merasa sakit. ap saya bergejala kanker, dok?

  83. hi teman,
    Kanker rahim adalah salah satu kanker yang berbahaya bagi wanita karena menyerang organ reproduksi penting dalam diri wanita, jika boleh disarankan rajinlah wahai wanita usia produktif untuk melakukan papsmear atau USG guna memastikan kesehatan organ reproduksi kita.
    Oh ya, Bagi yang ingin mendapatkan obat herbal alami untuk kanker rahim bisa di klik di http://www.XXXXXXXXXX.com

  84. dok pacar q meninggal karena kangker rahim.12-02-2009.kenapa hal ini harus terjadi padanya.aq mau menikahinya.dok mengapa.aq sedih dok.mengapa

  85. dok qmau tanya pa masukin jari ke v cew bw memicu kangker…………
    *dok pa nyeri diperut seb kiri tanda kanger
    *tolng donk dok
    1.CIRI2 terjangkit kangker rahim
    2.lo lum parah pa yg hrs dilakukan n makanan pa yg gak boleh dimakn

  86. Saya penasaran bnget dngn kanker rahim,
    saya mw nanya tentang:
    1. apa memainkan jari tangan disekitar vagina dpt menyebabkan kanker rahim?

  87. saYa mu taNya..
    tMen saya msh
    berusia 18 thn..
    tp ud sring
    mlkukan hub sex..
    apkah it
    membuat kanker rahim????

  88. Ass..dok..perut sblh qri aku kdang klo lg sakit sllu aja disertai dngn sakit kpla bgian blkang+krasa mual.aq tuch skit apa ya?

  89. DOK, SAYA CWO USIA 21 THN, SAYA DA PUNYA MASALAH NIE, SETIAP SAYA MELIHAT CWE SEXY, SAYA JADI HORNY SENDIRI.
    MR. P SAYA TIBA2 MENGELUARKAN SPERMA PADAHAL HANYA MELIHAT
    SAYA BERPIKIR MELIHAT AJA BISA KELUAR, APALAGI MELAKUKAN… PLIS DOK HELP ME!!!!

  90. Dok, saya cow 21th ingin bertanya…
    mengapa akhir2 ini setiap saya berhubungan dgn cew saya dy selalu mengeluarkan darah? padahal dy tidak dalam masa mens.
    kemudian cew saya jg sering mengeluh sakit di perut sebelah kiri, itu kenapa ya dok?
    tolong pencerahan’ny dok, karna saya khawatir dengan kondisi cew saya.
    sebelum’ny saya ucapkan trimakasih dok…

  91. saya mo tnya,
    dibagian bibir vagina saya ada benjolan agak keras( seperti hbs digigit semut ) tp tidak sakit.
    benjolan apa ya itu?
    trus apa smua payudara kanan dan kiri itu mesti tdk sama besarnya?klo lebih besar kiri, normal apa ga?
    tlng dijawab.mksh sblmnya. ๐Ÿ˜

  92. dok saya mau taya
    aku pernah melakukan hub sex dan pernah aborsi
    sekarang klo kecapean suka sakit perut aku dibagian kiri bagian bawah
    apa bisa terkena ka nkewr rahim?

  93. Ass..sy usia 21thn blm mnikah,sy mw nanya,
    1.apakh srg mlkukn onani dg air pncuran/memasukan jari kdlm vagina itu dpt mmbhykn vagina dan rahim dan apkh dpt mmbuat slaput dara robek?krn dl sy prnh mlkukn hal itu.
    2.bibir vagina sblh kiri sy prnh kpentok suatu benda,dan smpe skrg suka nyeri dbag. Itu. Apkh ada suatu yg bbhya pd vagina sy?
    3.knp ktk ada suatu rangsgn,vagina sy trasa sakit dan panas y?
    Mohon djawab y..thx

  94. dok,,,saya mau tnya?bener gk klo sering keputihan(tiap hari nonstop),terkadang keputihan itu menyebabkan daerah rahim menjadi sakit,,bisa mengakibatkan kanker rahim???
    emang klo jari masuk ke vagina itu dapat mengakibat kan kanker rahim???
    cpt bllzzz yc

  95. Asslm dok
    maaf yah kalo pertanyaannya sama yang lainnya (jgn bosen2) hehehe.
    Mau nanya kalo pake pembersih kyk sabun sirih tuh idealnya brp kali sehari atau gimana?
    Kanker rahim tuh gejala or ciri2nya gimana?
    Makasih yah dok jawabannya, moga bermanfaat

  96. Ass Dok,,
    Saya sering keputihan (warnanya putih kecoklat2an dan menimbulkan gatel2 tetapi tdk bau)apakah bisa mengakibatkan kanker rahim?
    Tks Dok atas jawabannya,,

  97. mbak, ni aku maya……
    kenapa ya kalo mens perutq yg sebelah kiri bagian bawah kok sakit?
    jadi takut nich….
    mang tu gejala kena kanker serviks ya?

  98. mbak, aku cew 21 thn. udh nikah, trus keguguran pas kehamilanq umur 1.5 bln
    kira2 itu terjadi bulan kemaren.
    sekarang ini kalo kecapean perutq sakit bgt.
    bagian bawah sebelah kiri.knp mbak?

  99. saya janda anak 2 sudah pisah dengan suami 2 tahun lamanya dan ta pernah berhubungan intim sekalipun. namun sekarang saya memiliki masalah ketika hubungan lagi pertama kali tidak terjadi apapun namun ketika hubungan yang ke 2 dan ke 3 setelah berhubungan mengeluarkan darah saya ingin tahu apakah itu termasuk dlm gejala kanker rahim

  100. Wah ini dokternya kemana ya…pasiennya da banyak neh?
    mbok kl ada yang ngerti meskipun bukan dokter/admin tetap memberi saran…

  101. umur saya 19 thn, biasanya saya haid sktar tgl 20an,2 mnggu sbl itu sya mengeluarkan cairn sperti kputihan ttapi bwarna coklat. terkadang keluar banyak dan terkadng bs sdikit bhkan tidak sm sekali. setelah bbrp hr cairan itu brhenti dan sprti sklus biasanya 2 mnggu stlah itu saya haid.apakah itu termasuk gjala2 kanker rahim???

  102. dok,,,
    umur saya 19 thn, saya sdh ML be2raPA kali dgn pacar saya.terkadang dia suka masukin jarinya kevagina saya.dan kemarin vagina saya mengeluarkan darah,tapi bukan darah haid.saya jadi takut dok.apa penyebabnya vagina saya bisa berdarah sedangkan saya tidak sedang haid???mohon dibalas yah dok karena saya sedang takut sekali.

  103. saya berumur 15th ,
    apabila saya selalu keputihan secara trus menerus setiap hari , apakah juga akan menyebabkan kanker rahim ?
    karena biasanya kan keputihan hanya terjadi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi ?
    mohon dijawab. terimakasih sebelumnya.

  104. Dok.. berbahayakah bila memasukkan jari ke dalam vagina..?
    kalo bahaya.., bahayanya apa ya dok..?
    trm kasih banyak..

  105. dok, sudah sekitar 2 bulan saya mengalami keputihan yang tidak normal yaitu berwarna kecoklatan agak cair namun jmlhnya sedikit tapi terkadang keluar cairan encer tidak berwarna seperti air. Saya pun sudah periksa ke dokter spesialisKK tapi dokter bilang normal. namun, saya belum yakin! apa sebaiknya yang saya lakukan? supaya saya lebih yakin! thx (dok, bisa kirim ke email saya jawabannya?)

  106. sy umur 22th
    sy mau tanya,
    1. apakah berbahaya masturbasi dg menggunakan jari..?
    2. apakah berbahaya berhubungan sex pada saat haid..?
    3. sy pernah merasa skit pada perut bagian bawah beberapa hari setelah berhubungan, apakah ada dampak buruk ke depannya..?
    4. bagaimanakah aktivitas sex yg baik..?

  107. saya mahasiswa sebuah universitas,
    saya haid cukup teratur, namun jangka waktu haid saya selalu melebihi 10 hari. bahkan sempat beberapa kali sampai 14 atau bahkan 16 hari.dan itu pun dengan darah yang terkadang menurut saya berlebihan. apalagi pada hari pertama.
    perut bagian bawah saya sering sakit. keputihan pun sangat berlebih. sewaktu SMA saya pernah memakai rebusan daun sirih sebagai pembersih. namun setelah tau hal itu pun bisa membahayakan, mka sayapun berhenti menggunakannya.
    saya sempat 1 kali periksa kedokter, dan sempat di USG, dan menurut dokter kemungkinan besar kista, dan kemungkinan kecilnya kangker. namun saya tidak meneruskan pemeriksaan tersebut karena masalah biaya.
    sekarang jika haid di sekitar vagina saya terdapat benjolan – benjolan yang cukup menyakitkan jika tersentuh.
    menurut anda saya harus bagaimana dan apakah saya benar – benar terkena kangker rahim ????
    Trimakasih !

  108. Saya gadis berusia 17 tahun…..
    Terkadang klo saya datang bulan sering tidak teratur….
    Pernah saya 2 bulan tidak datang bulan….
    Pernah juga saya datang bulan sampai 1 bulan penuh(30 hari)….
    Apa itu berbahaya???
    Waktu saya periksakan ke dokter, katanya tidak apa2.
    Apakah ada kelainan pada rahim saya???

  109. Umur saya 35 Thn saya punya anak satu 4 thn
    Sy mau tanya
    3 bulan terakhir saya mengalami keputihan bentuknya agak encer tapi ada juga yg gumpalan kadang-kadang gatal,haid saya lancar paling telat 2-3 hari tapi waktu haid pertama saat BB perut saya sakit apakah itu bahaya, sy takut sekali apakah saya terkena kanker leher rahim???Apakan memasukan jari tangan ke vagina itu bahaya??
    Terimakasih

  110. dok, saya mo tanya..
    saya cew yg msh virgin umur 22 thn..saya hmpir tiap hari mengalami keputihan yg kadang2 d sertai dengan darah yg kental tp sedikit..
    apa saya terkena kanker rahim dok?
    dan apa pnyebab darah yg bersamaan dgn kputihan saya dok?
    tlong bls y dok..

  111. usia ku 23 thn aq sering melakukan sex dengan pacar saya,tp ko belakangan ini vagina sya gatal,keputihan berwarna putih kental dan perut sebelah kiri saya sering sakit malah kadang menjalar kepinggul sebelah kiri………aq takut bgt … ๐Ÿ™ terus tangan pacar sya sring masuk kevagina sya
    tolong bls keemail saya apa itu ciri-ciri kanker
    aq akut bgt…dok

  112. Mau tanya dok..bbrp hari ini kaki sy dari lutut sebelah kanan sy sampai pinggul, bahu, bahkan sampai leher sakit sekal, bahkan jg kemaluan sebelah kanan sy berdenyut2 tp tdk bgt sakit. Dok apakah itu ada gejala kanker, sy belum menikah usia sy 38 thn dan tdk pernah berhubungan intim. Tlg ya dok sy butuh sekali pendapat dokter krn sy agak takut..tq ya dok…

  113. tolong jawab dok. .sy cw 22thn,srng mlakukn hub sex,bln jnuari kmrn sy sempet haid tratur,tp dbln febuari sy g haid sma skali,bln maretny dvagina saya keluar darah encer,tp it cm 1hri saja,mggu brkutny keluar cairan coklat sprti darah kotor it jg 1hr trjadiny,n mggu trkhr kluar darah encer lg yg aga byk dr sblmny. .bln ni sy srng kputihan yg cair brwna puth tp gak bau. .
    It knp y dok,tlng jwb,sy ktakutan. .ap saya msh bs haid. . ?

  114. dok tny… umurku 19th, knp ya ketika melakukan hub sex sering keluar darah.. bahkan stlah hub sex darah msh keluar, apakah saya terkena kanker rahim????saya tkt bgt, walaupun udh sebulan tdk berhub kdg tetep keluar drh knp y?apakh ad hub dgn tumor payudara? cz sy prnh oprasi tmr pyudara..tlg djwb,mksh…

  115. dok, saya mw nanya, beberapa hari setelah masa haid saya habis, keluar cairan kental yang lengket gt.kadang2 seperti bercampur dengan darah.kadang seperti jel, kadang seperti darah yang keluar saat haid pertama (wrnanya coklat tua gt). apakah itu suatu pertanda kanker mulut rahim?
    oh ya, saya berumur 20 thn dan belum pernah melalukan hubungan badan
    terima kasih
    saya harap dokter dapat memberikan jawaban pada saya
    terima kasih

  116. DOk..saya mau tanya. seminggu saya mengalami menstruasi. tetapi sekarang saya malah keluar bercak – bercak darah berwarna pink dan coklat. keluarnya seperti keputihan. dok, apakah ini ciri – ciri kanker rahim? saya seorang gadis berusia 19 tahun. Mohon di balas dok!

  117. saya mau tanya.. saya pernah keputihan banyak banget trz akhir2 ini suka keluar warna kecoklatan seperti darah trz skrg suka mulai sakit pada bagian atau daerah vagina. knp ya??
    tolong bales scepatnya.. penting bngt.. ๐Ÿ™

  118. dok,sy mau tanya sy udah menikah 7th.udah 3th terahkir ini perut sy sakit banget ketika sy haid bahkan sy bs demam,nggk selera makan,sy bedrestaja dok. siklus haid sy jg lbh pendek biasanya 7hr jd 5hr.sy nggk keputihan dan perut sy di hari2 biasa nggk sakit.sebelum menikah sy nggk pernah sesakit ini cm nyeri biasa.apakah ini tanda2 mioma atau kanker dok?trims atas jawabannya.

  119. sya remaja usia 18thn,
    sya mengalami kanker rahim
    awalnya 2 tahun yang lalu saya terkena kista, setelah berobat saya pikir saya sembuh
    tapi….pada kenyataanya saya malah terjangkit penyakit yang lebih parah yaitu servix
    hal itu sya ketahui 5 bln yang lalu…
    sebenarnya apa yang menyebabkan ituh bs terjadi
    terimakasih…..

  120. aku mw tanya dok,
    saya cwe yg berumur 19 th,
    3-4 bulan terkhir ini aku sering mengalami masalah nyeri ataupun sakit pada perut dan juga vagina saya sering merasa gatal ataupun nyeri/sakit pada saat buang air kecil. tapi gejala2 tsb terjd ketika menjelang ataupun sesdh menstruasi.
    dok, apakah itu gejala penyakit kista atau kanker.
    tlg ya dok, sy sgt butuh petunjuk dari dokter krn sy pun merasa takut. harap di balas secepatnya

  121. dok sy kalo berhub sex sering keluar darah itu knp y??? udh sebulan g nglakuin pas nglakuin keluar drh la,, aku tkt bgt!!!apakah itu gejala kanker rahim?? umurku 19th. tlg y dibls… trimaksh

  122. mengalami keputihan seperti apa yang bisa diduga terkena kanker rahim, dan nyeri perut dan nyeri pinggang pada saat haid yang seperti apa yang diduga terkena kanker rahim.
    terima kasih

  123. saya mau nanya ,saya pernah masukin jari kevagina pacar saya ..
    dy sering ngeluh sakit di bagian perut sebelah kiri..knpa ya???
    satu lgi pada waktu itu pacar saya ngerasa sakit ketika saya masukin jari ke vagina,ga tau nya keluar darah gamana donk..bahaya ga??tolong jawab ya plis bgt .apa akibatnya??jawab ke e-mail saya ya. ๐Ÿ˜ฅ

  124. Dok, saya sdh menikah bln Feb 08, udh 1 thn 3 bln, umur 29 blm punya anak. Dulu wktu pertama x nikah sring trlambat haid sampai 1-2 bln lbh. Saya n suami kira sya hmil krn tanda2 hampir sma stlh k dokter kandungan d usg tdk ada apa2 n kandungan bersih

  125. Dok, saya sdh menikah bln Feb 08, udh 1 thn 3 bln, umur 29 blm punya anak. Dulu wktu pertama x nikah sring trlambat haid sampai 1-2 bln lbh. Saya n suami kira sya hmil krn tanda2 hampir sma stlh k dokter kandungan d usg tdk ada apa2 n kandungan bersih. Stlh bln Des 08 haid sya mlai lancar tiap bln tpi tanggal brubah2. Dok bln mei ini mens sya tdk brhenti, tgl mens 20-26 msh keluar darah, biasax hr k 5 drh sdh brkurang n hr k 6 brsih. Tpi ini knapa Dok, stiap kencรฌng drah keluar menetes. Sya pernah sakit kepala sxi seperti di tikam2 di kepala blakang,ubun2 dll stelah itu tak lama sya mens. Knapa Dok apa sya ada kankep rahim/kista? Dok mohon d balas ya Dok. Thx Dok.

  126. saya perempuan 21 thn. saya memiliki kebiasaan suka membersihkan daerah v saya dengan pembersih yang wangi sejak 5 thn lalu. saya semakin sering memakainya sejak 1 thn yg lalu karena banyaknya keputihan yg keluar. saya sering merasakan sakit di perut sebelah kiri-kanan,bahkan saya sempat keluar darah kotor selama beberapa minggu berturut-turut. apakah saya sudah kena kanker rahim? terus apakah salah satu penyebab kanker itu jg bisa karena v-nya pernah dimasukkan jari yg kotor? karena saya pernah tahu kalo ada orang yg melakukan itu. tolong kirim jawabannya ya ke e-mail saya. saya sangat takut… ๐Ÿ˜ฅ terima kasih.

  127. Dok, mau konsultasi dong…
    Saya wanita umur 26 th dan masih lajang. Saya melakukan hubungan intim dgn pacar saya. Setelah itu saya sempat mengalami sakit ketika kencing tp kemudian saya minum antibiotik cipro slm 10 hari dan sembuh. Saya juga mengalami keputihan banyak, sehingga saya konsumsi metronidazol selama 10 hari. Keputihan tidak terlalu banyak lagi hanya satu tetes saja, tapi saya kadang merasa gatal di vagina saya, ketika saya cek dengan cermin ternyata ada cairan putih seperti susu. Saya berhubungan dengan 1 pasangan saja, dan dia juga sudah cek ke dokter bahwa dia sehat (tidak ada penyakit kelamin). Karena kasus saya ini, dia cek lagi ke dokter dgn hasil yg sama yaitu sehat wal afiat. Oya, di bibir vagina saya teksturnya seperti lidah, tidak licin dok, seperti bergerindil. Apakah itu bahaya? sekarang saya hanya memakai betadine feminin 1x sehari. Saya harus bagaimana ya dok?klo mau cek ke dokter sebaiknya ke dokter SPOg atau dokter kulit dan kelamin?saya tunggu jawabannya segera ya..thanks.

  128. sy mau tanya…. pa bener penykit kaNker rahim itu… penyebab karena sering ganti pembersih….dan dan karena sering ml … dean kalau vagina sy sering dimasukan memakai tangan… perut dan tubuh sy… sakit banget….

  129. aq cwe usia 21 thun,,,
    siklus haid saya tidak teratur tiap bulannya. tetapi selalu menstruasi (tdak prn tdk dpet. tapi bulan kemarin saya tidak menstruasi,cuma keputihan.warnanya pun tidak seperti biasanya. kali ini warnanya agak kuning kecoklatan. perut bagian bawah sebelah kanan saya terkadang terasa nyeri. apakah aq ad indkasi terkena penyakit kanker rahim

Comments are closed.