Daily Bread

Bapa Penuh Kejutan4 min read

Ayat bacaan: 1 Korintus 2:9
====================
“Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.”

bapa penuh kejutanSukakah anda terhadap kejutan? Saya rasa sebagian besar orang akan sangat senang mendapatkan kejutan. Untuk menyenangkan orang-orang yang kita sayangi kita sering memberi kejutan terutama pada momen-momen spesial dalam hidup mereka. We are human who like surprises. Hari ini saya dan istri saya baru saja memberi kejutan untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada adik ipar saya. Kami menunggu di depan pintu lift sebuah mall sambil membawa kue tart dengan lilin menyala, dan ia terlihat sangat terkejut ketika melihat kami berdiri tepat di depannya begitu pintu lift terbuka. Coba kejutkan pasangan anda dengan seikat bunga yang tidak ia duga sebelumnya, berbagai hadiah atau puisi, hal-hal seperti itu akan sangat bermakna bagi mereka, sesuatu yang tidak akan mudah dilupakan. Atau perhatikan wajah gembira anak-anak ketika mereka mendapat kejutan dari orang tuanya. Mereka akan menangkap perhatian dan rasa sayang kita secara lebih baik lewat kejutan-kejutan membahagiakan seperti itu.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana dengan Tuhan? Mengetahui bahwa manusia menyukai kejutan, apakah Tuhan berlaku sebagai Bapa yang suka pula memberi kejutan ini kepada anak-anakNya? Tentu saja. Malam ini saya merenungkan betapa Tuhan sering berlaku sebagai Bapa yang senang memberi kejutan. He’s such a loving Father who likes to give surprises. Tidak terhitung banyaknya kejutan yang telah hadir dalam hidup saya dan istri. Sesuatu yang tidak diduga-duga sebelumnya, namun hadir sebagai sebuah kejutan indah dari Tuhan. Mukjizat kesembuhan, berkat-berkat, pertolongan tepat pada waktunya, semua itu sudah pernah kami alami dan dengan iman kami percaya akan ada banyak lagi kejutan seperti itu di masa datang. Mengapa? Because we both know and believe He’s such a loving father who likes to give surprises.

Perhatikan ayat berikut ini: “Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9). Ini adalah ayat yang dengan jelas menggambarkan betapa Allah suka memberi kejutan. Sesuatu yang tidak kita duga, tidak terbayangkan, tidak terpikirkan, bahkan kita tidak merasa layak menerimanya sekalipun, semua itu disediakan Tuhan bagi siapapun yang mengasihiNya dengan sepenuh hati. Tuhan mampu, mau dan senang menyediakan itu semua sebagai bentuk kejutan bagi anak-anakNya yang sungguh-sungguh mengasihiNya. Perhatikanlah apa yang menggerakkan Tuhan untuk memberi kejutan seperti itu. Kasih. Itulah yang membuat Tuhan dengan senang hati melimpahi kita dengan segala sesuatu yang tidak terbayangkan atau terpikirkan oleh kita. Itulah sebuah bukti nyata bahwa “Allah adalah kasih.” (1 Yohanes 4:8). Saya akan ambil sebuah contoh yang nyata kami alami. Terpikirkah oleh anda bahwa anda bisa memiliki rumah, tanpa perlu KPR (kredit) selama bertahun-tahun dengan jumlah tabungan yang hanya cukup menebus seperempat harganya? Masuk akalkah? Sama sekali tidak. Tetapi Tuhan menyediakan itu semua. Saya dan istri mampu memperoleh sebuah rumah tanpa perlu mencicil sama sekali. Tidak hanya itu, Tuhan bahkan kemudian mengembalikan jumlah tabungan kami dengan jumlah yang sama. It was an unforgettable pleasant surprise, satu dari sekian banyak keajaiban yang dihadirkan Tuhan dalam keluarga saya sebagai bentuk kejutan penuh kasih dari Bapa kepada anakNya.

Apa yang menjadi kebutuhan anda hari ini? Apakah anda khawatir anda tidak dapat memenuhinya? Anda tidak perlu takut. Kita punya Bapa yang penuh kejutan, dan siap memberikan kita lebih dari apapun yang kita pikir kita butuhkan. Dalam surat kepada jemaat Efesus kita bisa pula melihat pernyataan ini. “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.”(Efesus 3:20). Tuhan sanggup melakukan jauh lebih banyak dari apa yang kita doakan atau pikirkan, dan Dia mau memberikan itu dengan senang hati. Bersyukurlah kita punya Bapa yang sudah merencanakan “rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” (Yeremia 29:11), lengkap dengan berbagai kejutan di dalamnya. Fokus mengasihi Dia, mencari KerajaanNya, maka tanpa kita minta pun semua itu akan ditambahkan kepada kita.

Tuhan adalah Bapa yang suka memberi kejutan bagi anak-anakNya. Syaratnya hanya satu: mengasihiNya dengan sungguh-sungguh. Di dalam kata mengasihiNya itu terkandung ketaatan, kehidupan yang takut dan gentar akan Tuhan, menjauhi laranganNya, mendengar dan mematuhi perintahNya. Dia mengenal kita, Dia tahu apa yang kita butuhkan bahkan lebih dari itu. Tuhan siap melimpahkan kejutan-kejutan, dan hendaklah semua itu kita pakai untuk memuliakan Dia lebih lagi dan bukan untuk dihabiskan sia-sia, ditimbun atau malah dipakai untuk tujuan yang salah. When we love Him fully and honestly with all of our hearts, He will pour down many surprises onto us.

Tuhan adalah Bapa yang suka memberi kejutan indah kepada anak-anakNya yang mengasihi Dia

Follow us on twitter: http://twitter.com/henlia

Originally posted 2011-10-26 14:45:57.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *