Renungan

Hati-hati Dengan Keinginan Anda1 min read

Sepanjang hidup kita, kita selalu terbuai oleh keinginan kita, hingga saat dewasa, kita menyadari bahwa hidup ini sungguh sulit, tidak semua keinginan kita yang terkabulkan, kebanyakan terbuang percuma hilang dibalik awan.
Keinginan kita yang membunuh kita,
Hidup adalah penuh kekecewaan.
Mengapa?
Hati-hati dengan keinginan anda, berkat itu terlihat bila kita melihatnya dari point of view orang lain. Misalnya anda ingin pacar anda mengerti anda, anda sudah semalaman tidak bisa tidur, dan anda menjerit menginginkan dia mau mengerti anda, jawabannya.. . belum tentu keinginan anda adalah sama dengan keinginan / paradigma dia, besar kemungkinan dia melihat hal yang sebaliknya, bahwa anda yang tidak mau mengerti.
Anda bertemu dengan orang lain, orang yang memiliki kekuasaan, dan anda semakin terbakar oleh keinginan anda, ambisi anda, akan selalu ada pertanyaan, apakah kali ini aku bisa mendapatkannya? Maka penglihatan anda akan sepenuhnya berbeda dengan penglihatan dia. Semakin anda berkeinginan, berambisi, maka anda akan melihatnya dari sisi yang salah, dan semakin kelihatan bahwa anda tidak mengerti yang dilihat orang lain.
Untuk mengerti, untuk melihat sebuah berkat, anda harus melihatnya dari sudut pandang orang lain. Anda tidak bisa mengatakan ini begini, ini begitu, karena yang anda lihat, yang anda katakan, orang lain tidak melihatnya. Oleh karena itu, baliklah paradigma anda, baliklah point of view anda, maka semuanya akan terlihat mudah.
Jangan pernah memaksakan kehendak, karena tidak ada yang mau dipaksa, bahkan
pasangan anda, anak-anak anda, apalagi orang lain. Jangan pernah mengharapkan orang lain berubah, kecuali anda mengatakan apa yang terlihat oleh orang lain, maka dengan senang hati mereka akan merubahnya.
Hati-hati dengan keinginan anda. Mundur sejenak, lihatlah dari pandangan orang lain, lihat dari sisi yang lain, maka anda akan dengan mudah melihatnya, mengatakannya, dan mudah diterima.
TUHAN memberkati
Oleh: Goenardjoadi Goenawan

Originally posted 2012-05-11 06:06:45.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *