Iptek Tahukah Anda

Greenpeace Sebut Apple Paling ‘Jorok’1 min read

Jakarta, Menurut riset yang dikeluarkan Greenpeace, Apple Computer termasuk ke dalam perusahaan yang memiliki dampak industri yang buruk terhadap lingkungan. Apple mendapatkan nilai paling rendah dalam riset tersebut.
Seperti dilansir tgdaily dan dikutip detikINET, Jumat (8/12/06), riset itu menilai perusahaan berdasarkan pada sampah elektronik yang dihasilkan. Greenpeace melakukan penilaian pada berbagai perusahaan pembuat elektronik di seluruh dunia.
Skala penilaian dihitung dari skala 1 untuk yang terburuk sampai skala 10 untuk yang paling baik. Penilaian didasarkan pada sembilan kategori berbeda, di antaranya: pengelolaan bahan kimia, insiatif perusahaan, dan kesadaran konsumen mereka terhadap lingkungan.
Dari hasil penilaian yang dilakukan Greenpeace, Apple hanya mendapat nilai 2,7. Ini menjadikannya berada di posisi buncit pada daftar yang dikeluarkan Greenpeace untuk produsen elektronik, termasuk komputer dan ponsel.
Padahal pada riset sebelumnya, Agustus 2006, posisi Apple tidak menjadi yang terburuk untuk kalangan produsen elektronik. Saat itu, di bawah Apple masih ada perusahaan lain seperti Acer (dengan nilai 2,3), Motorola (1,7) dan Lenovo (1,3).
Belakangan, Acer, Lenovo, dan Motorola berhasil memperbaiki posisi mereka di daftar tersebut. Saat ini, Acer dan Lenovo meraih nilai 5,3, sedangkan Motorola melonjak dengan nilai 6.
Lalu siapa yang berada di posisi teratas? Adalah Nokia yang menduduki posisi itu dengan nilai 7,3. Tercatat, sampai saat ini belum ada satu perusahaan pun yang berhasil mendapat penilaian sempurna dari greenpeace dengan nilai 10.
Untuk menyemangati Apple agar terus memperbaiki kinerja di bidang lingkungan, Greenpeace membuatkan kampanye yang bertajuk “Green My Apple”. Harapannya, konsumen ikut mendorong Apple agar tidak ‘jorok’ lagi. (wsh/wsh)

Originally posted 2013-10-01 09:16:04.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *