Imigrasi Waspadalah

Imigrasi Indonesia5 min read

Hi All….
Gue cuma mau share aja sama semua orang, kalau bisa dimasukkin ke semua milis-milis….biar semua orang tau kalo imigrasi negara kita bener2 gak bermoral dan bobrok…sungguh memalukan buat bangsa kita sendiri. sampai kapan pun bangsa kita gak bakal bisa maju dengan orang2 pegawai pemerintah yg bobrok seperti ini.
Tgl 31 Maret 2007 kemaren, cowo gue ( singapore -an) dateng ke indo buat liburan. seperti biasa abis turun dari pesawat, dia antri untuk cap masuk ke jakarta di imigrasi. Menurut cowo gue, pegawai imigrasi ini mukanya cukup ramah makanya cowo gue milih buat antri di counter itu yang ternyata masuk ke lubang buaya.
Cowo gue kasih passport nya ke custom guy dan orang itu nanya apa cowo gue pertama kali dateng ke indonesia ? cowo gue bilang iya, karena memang ini first time nya dia dateng ke indo. dengan berlama-lama custom guy itu gesek passport cowo gue en ngebaca semua track record cowo gue di komputer.
abis itu dia bilang kalo cowo gue gak punya visa indonesia . (orang bego juga tau kalo singapore gak perlu punya visa untuk ke indo karena kita kan ASEAN). cowo gue bilang kalo dia udh cek dari singapore sebelom ke indo kalo dia gak butuh visa untuk masuk ke indo. tapi custom guy itu ngotot katanya kalo cuma untuk 3 hari memang tidak perlu visa, tapi karna cowo gue kesini untuk 5 hari jadi harus pake visa.
bener2 gak ada otaknya tuh custom guy. cowo gue tetep ngotot kalo dia udh tanya kedutaan di singapore kalo dia bener2 gak perlu visa buat ke indo. akhirnya orang itu diem , en malah nanya yg laen. dia minta return boarding pass cowo gue….cowo gue marah lah. mana mungkin orang baru sampe di jakarta , masa minta boarding pass untuk pulang ke singapore ? cowo gue kasih liat return tiketnya aja. tapi tuh custom guy tetep ngotot kalo cowo gue harus punya return boarding pass buat bisa masuk ke indonesia …its so ridiculous….bener2 gak masuk akal seorang petugas imigrasi maksa minta boarding pass return ke orang yang baru sampai di jakarta .
Cowo gue tetep ngotot kalo itu gak mungkin. boarding pass return cuma bisa didapet nanti kalo kita check in sewaktu pulang. tapi custom guy itu malah ngancem cowo gue balik dengan minta bayaran SGD 300. kalo cowo gue gak mau bayar dia bakal dibawa ke kantor dan dipersulit en cowo gue ditakut2in mungkin akan diminta bayaran yang lebih mahal sekitar SGD 500. custom guy itu bilang daripada lebih sulit mending bayar damai saja sama dia…
Cowo gue tau dia diperes karena itu dia coba contact gue pake HP-nya sengaja di depan custom guy itu. tentu aja gue mencak2 gak karuan. gue udh nunggu di depan kurang lebih 1 jam dari jam landed dia…semua penumpang pesawat yg laen udh keluar tinggal cowo gue yg masih dipersulit di dalem yang untungnya juga koper cowo gue gak hilang karena koper cowo gue tinggal satu2nya yang masih muter2 di ban. akhirnya custom guy itu bilang kalo mau kamu damai aja sama saya bayar ke saya SGD 100…kalo kamu gak mau juga saya gak ada pilihan lain selain membawa kamu ke dalam kantor . cowo gue bingung, dia mau ngelawan karena dia tau bukan salahnya tapi dia gak tau hukum yg berlaku di indo seperti apa.
akhirnya cowo gue bilang kalo dia gak punya rupiah, dengan seenaknya custom guy itu bilang kamu bisa tuker dulu di money changer. passport cowo gue ditahan di dia yg dengan kata lain mau atau gak mau cowo gue harus bayar atau dia gak bisa dapet balik passport nya…akhirnya cowo gue dengan terpaksa kasih ke manusia laknat itu 600rb dan orang itu masih pake acara bilang tolong masukkin uang nya ke dalam passport. setelah itu baru passport cowo gue dicap dan dibalikkin lagi.
Gue gak nyangka bener2 bobrok banget yah ternyata negara kita ini. gak heran kalo negara kita sering dicap jelek sama negara laen. custom guy itu pasti malak orang yg baru pertama kali ke indo bukan cowo gue doank tapi pasti banyak juga. bayangin berapa duit haram yg dia dapetin…biar, makan aja tuh duit 600rb nanti selamanya dia bakal susah dapet duit lah…gak bakal ada berkatnya, inget pembalasan semuanya ada di tangan tuhan….dapet pembalasan di akherat sana .
Untuk turis yang baru pertama kali berkunjung ke indo harusnya disambut dengan baik oleh petugas2 imigrasi dan bandara Jakarta , bukan malah diperas dan dipalak seperti ini. yang jelek kan nama bangsa kita juga. bener2 memalukan. gue sendiri jadi ikut malu atas kelakuan pegawai pemerintah negara kita ini.
Cowo gue juga udh lupain kejadian ini, tapi cukup membuat dia trauma n males dateng ke indo lagi. Cowo gue juga udah buat report ke singapore embassy supaya next time singapore embassy bisa lebih protect terhadap warganya yg baru pertama kali dateng ke indonesia supaya gak ada lagi orang2 hina yg berusaha mengambil keuntungan dari para turis. Sayangnya cowo gue lupa nama dari custom guy itu. Cowo gue cuma inget mukanya aja.Turis itu harus disambut bukan diperas.
Tips bagi yang baru pertama kali mau dateng ke indo, kalau sampai mengalami kejadian seperti cowo gue ini, cobalah untuk berusaha lebih galak atau lebih baik langsung telepon ke embassy negara asal yg ada di indo. jadi lebih pasti. dan telepon di depan petugas imigrasi itu tersebut biar dia malu. tapi susah juga orang2 seperti ini udh gak punya malu, hina semua.
kalau orang2 hina seperti ini masih bekerja di imigrasi indonesia khususnya Jakarta , gue yakin negara kita bakal tambah melorot terutama di hadapan negara lain. sungguh benar2 hal yg memalukan.
Tolong sebarkan ke semua milis-milis yang kalian semua tau. gue ingin berita ini bisa dibaca oleh semua orang dan untuk kawan, keluarga, saudara siapapun bisa lebih untuk berhati2 di imigrasi Jakarta . Gue juga sudah masukkin berita ini ke redaksi kompas serta koran2 lainnya. Tolong sebarkan…….Thanks buat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca.
– Molina –

Originally posted 2014-02-05 14:47:40.

Spread the love

6 Replies to “Imigrasi Indonesia

  1. Dear All,
    Gw jg mo share pengalaman gw di Bandara Soekarno Hatta kita tercinta based on my last trip on october 2006…Benar-benar sungguhhhhh memalukan dan mengelikan cara bekerja & pelayanan para pekerja di Bandara Soekarno Hatta….
    Kami ber – 6 (Papa, Mama, Nenek (berkursi roda), suster penjaga nenek, saya & kekasih) tiba di Bandara SOekarno Hatta pada pukul 19.45 from china..setelah melewati imigration counter kami sengaja menyuruh suster supaya langsung membawa nenek keluar terlebih dahulu dan sehingga tidak perlu ikut bersama kami menunggu luggage.
    Total luggage kami di dalam trolley pada saat itu masih 3 koper (agak besar) dan sisa 2 koper lagi masih belum keluar…kemudian petugas bandara dengan menggunakan tag Angkasa Pura sengaja berdiri dekat trolley kami kemudian berkata “wahhh wahhh…berapa koper ney bawaannya?wahhh wahhh besar besar dan banyak yah kopernya….kalian cuma ber 3 lagi…wahhh wahhh ga bakal bisa keluar tuchh..pasti di check di depan”…
    Orang tersebut mondar mandir sambil terus terusan melihat koper kami, sambil mengulangi kata2 yang sama…saya merasa risih sambil menjawab “kami ber 6 pak…”…lalu bapak tsb sambil menjawab “wahhh barang dagangan yahhh..pasti dibongkar tuchhh…ga bakal lolos tuchh di depan”…
    Saya kesal sekali karena bapak tsb terus terusan mondar mandir di sekitar trolley kami ..tak lama kemudian bapak tsb berkata “udahhh…..300 rb pasti bisa keluar ney barang2″….berulang ulang bapak tersebut berkata seperti itu secara perlahan kepada saya…
    Ya ampun….barang-barang kami tuch bukan barang dagangan…tochhh kalau di curigai barang dagangan mereka bisa minta kami membuka di tempat dan checking…dan kami tidak akan berkeberatan..
    Namun yang membuat saya kesal, kog to the point sekali “malaknya”….berhubung kekesalan saya sudah memuncak saya berkata kepada bapak tersebut ” Bapak sebenarnya barang-barang saya mau diapain???saya merasa terganggu dengan keberadaan bapak disini”…kemudian bapak tersebut marah marah sambil berkata “Saya tuch orang dalam disini, saya orang angkasa pura…saya memegang peranan disini..saya mau ngapain ajah disini suka suka saya…”
    Tak lama kemudian bapak tersebut pergi dan saya hanya tersenyum……
    Apa semua pegawai angkasa pura yang mempunyai peranan penting…mempunyai wewenang untuk “Memalak” kita pengguna Bandara Soekarno Hatta dengan berkoper BESAR????
    Kasihan sekali bandara kita berisikan orang-orang “tidak bermoral” seperti mereka.
    Thanks for your time.
    Shera

  2. eh karto yg perlu lo komentarin bukan cowok dia..lo yg bego! cowok dia itu masih rasional sbg WNA ga seenaknya maen kasar alias profesional..kl gw sama tuh org imigran udah gw hajar sampe bonyok biar sekalian smua org dsana tau kl tuh org yg meras itu kyk tai!!! najis!! biar mampus !! dengernya aja gw dah panas!! tuh org2 brengsek sampah yg bertitel WNI ..sbg org indo gw jijik sm mrk yg semena2 mengatas namakan indo .. go to hell lha!!

  3. poor karto…kita di sini bicara imigrasi ..pengalamaku sama kek molina..waktu suamiku keindonesia sendiri tanpa aq ..karena aq dah di indonesia duluan..suamiku juga sama kena peras dg alasan uang kopi ,poor indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *