Cinta

Arti Cinta7 min read

Kata cinta sering diucapkan oleh orang2 baik laki2 atau perempuan, tua ataupun muda. ada cinta monyet, cinta mati, cinta segitiga, cinta buta ataupun cinta mi atmanegara. sering kali kata yang satu ini dikaitkan dengan hubungan antara laki-laki dengan perempuan. aku cinta kamu.. ataupun sebaliknya. diawali dari hubungan teman, pacaran, lalu menginjak kepada jenjang yang lebih serius.. pernikahan. kadang cinta bisa membuat orang lupa akan asalnya.cinta juga tidak hanya kepada sesama manusia, bisa cinta kepada barang2 yang anda sukai, ataupun cinta kepada suatu tempat, wilayah, negara atau sampai kepada sang pencipta.sayangnya di saat-saat sekarang ini sudah susah ditemukan akan arti cinta itu sendiri. dari semua itu menurut saya cinta itu adalah ungkapan perasaan yang tulus dari hati seseorang yang dibina dari semenjak kecil, remaja, dewasa, sampai pada akhir hayatnya nanti… apakah anda sudah mempunyainya? (Yopie)

Sebenernya apa sih arti dari satu kata yang bisa dibilang simpel sekaligus ngejelimet ini? Udah gitu kenapa juga kok orang-orang sampai segitu desperado plus butuh abis-abisan sama yang namanya cinta?
Terkadang kita suka dengan lawan jenis, dimulai dari segi fisiknya dulu, si Anton macho-lah, si Gita yang manis, dan seterusnya. Katanya sih, gaya suka ama lawan jenis yang disebut diatas itu dinamain “Cinderella Syndrome”. Kenapa juga dinamain begitu? Soalnya, di ceritanya Cinderella khan doi tuh nungguin sang Prince Charming. Point-nya, syndrome tersebut ternyata tidak bisa dikatakan cinta yang sesungguhnya loh! Bisa dibilang sekedar crush aja, cuman sekedar cinta monyet tuh. Jelas beda jaaauuuuhhhhh banget dari yang namanya real love. Simpelnya aja deh, yang namanya cinta sejati itu tuh bener-bener sayang luar-dalem, lahir-batin, susah-seneng, pokoke cinta mati deh!
Nah sekarang kita coba bantuin gimana cara ngebedain kalo kita cuman lagi crush doang atau lagi bener-bener cinta abeeessss!!!
Cinta monyet
Naksir / cinta monyet itu adalah bagian dari perasaan atau naluri alami kita. Sedangkan cinta sejati itu termasuk yang namanya komitmen juga, ada ikatan-ikatan tertentu juga. Naksir juga bisa sekedar pengaruh dari emosi kita. Lain halnya dengan cinta sejati, disini kita lebih butuh banyak pengorbanan. Hanya emosi / gejolak jiwa saja yang terlihat di kala kita naksir seseorang. Laen lagi kalo kita bener-bener cinta banget ama seseorang, tentu aja gejolak itu masih ada itu bagian yang ngerepotin plus bikin stress! Katanya.). Cinta monyet itu pada dasarnya egois beda ama real love yang malah bisa dibilang jarang mikirin diri sendiri. Cinta monyet itu lebih mengarah ke dalam hal memuaskan diri sendiri dari pada ke pasangan kita.
Cinta sejati itu lebih mengarah kepada pasangan kita. Cinta ini lebih mencari cara bagaimana untuk memberi daripada menerima. Cinta yang ngga egois, lebih berusaha menemukan yang terbaik demi pasangan kita.
Terakhir, cinta monyet itu lama-lama bisa ilang loh. Apalagi kalo yang namanya jauh, katakanlah dulu si David harus kuliah di Oz tapi cewek masih di Indo. Berhubung jauh, dan terlalu banyak “godaan” putuslah akhirnya hubungan mereka, yah kucing mana sih yang nolak ditawarin ikan? Kalo si David itu bener-bener sayang ama ceweknya, kata-kata putus itu malah hampir sama sekali ngga bakalan disinggung dalam hubungan mereka. Waktu dan jauhnya tempat ngga bakal ngegrogotin cinta. Di laen sisi yang namanya bener-bener cinta, pasti sakit banget kalo disuruh jauh-jauhan, lagi sayang-sayangnya masak musti dipisahin lautan sih?
Cinta
Sekarang udah pada tau khan artinya cinta monyet itu, okay deh kita lanjutin bahas yang namanya cinta sejati.
Love is Patient
Kata sabar itu sendiri berarti bisa nunggu dengan setulus hati untuk mendapatkan sesuatu yang diharapkan. Katakanlah si Edo lagi ngejar Dita, tapi si Dita keliatannya susah banget diajak nge-date, keluar untuk nemuin Edo aja ngga mau kok. Bukan berarti Edo bisa menimpakan semua kesalahan ke Dita, justru kalo Edo bener-bener sayang dan cinta sama Dita, dia harus bisa melihat sikon dari sudut pandang Dita. Mungkin aja Dita lagi ada masalah yang membuat doi jadi ngga bisa nemuin Edo. Dalam hal ini, seharusnya Edo harus menghadapinya dengan penuh pengertian dan kesabaran.
Contoh berikutnya, Marky lagi super ngebet abis ama Manda. Marky kayaknya udah ngga peduli lagi ama permintaan Manda yang masih kepengen nyantai aja. Manda pikir, lebih baik mereka saling kenal lebih dalem satu sama lain, baru setelah memang bisa dibilang cocok, ya boleh jadi deh. Seperti yang dikatakan tadi, cinta itu sabar, cinta itu ngga pernah maksain salah satu pihak. Justru cinta itu timbul secara alami, tumbuh sesuai dengan waktu yang dibutuhkan kedua belah pihak.
Love is Kind
Cinta itu berarti saling mendukung dan membangun satu sama lain. Cinta itu sangat menghargai perasaan dan lebih bisa dibilang puas kalo udah bikin pasangan kita seneng.
Untuk itu kamu semua bisa ikutin beberapa saran berikut ini:
1. Memberikan satu sama lain barang berupa hadiah atau juga kartu-kartu romantis. Kalo inget krismon sih berabe yah, tapi khan semuanya itu ngga perlu dipandang dari segi materi aja khan? Untuk kartu, kita bisa buat sendiri. Kalo hadiah barang, kita bisa ningkatin kreativitas kita untuk bikin pernik-pernik lucu buat pasangan kita. Yang penting khan dari dan untuk siapa hadiah itu, dan arti dari pemberian itu sendiri.
2. Sanjung pasangan lo, coba tunjukkin bahwa lo bangga ama dia, tekanin terutama pada kelebihan doi. Misalnya aja doi udah masakin buat lo, dan emang ternyata makanannya enak banget, lo jangan diem aja tapi pujilah doi. Selaen seneng doi juga bakalan hepi abis tuh, ternyata usahanya untuk masakin lo ngga sia-sia.
3. Buka kuping lebar-lebar satu sama lain, perhatiin banget apa yang lo bakal omongin sehingga kalian merasa sama-sama penting dan dibutuhkan.4. Perlakukan pasangan kita sebagai seseorang yang bener-bener spesial di depan umum (ngga usah berlebih lah ya). Puji dan beri support sepenuh hati di depan teman-teman lo.
Love is Not Jealous
Cemburu itu biasanya diartikan perasaan hati yang ngga aman dan ngga dewasa. Cinta menginginkan segala sesuatu yang terbaik demi pasangan kita, tapi cemburu lebih berkesan possesive. Contohnya, “Kalo cowok gue tetep mau ngomong ama tu cewek, ya udah lupain aja gue!” Baru ngomong aja udah diancem putus, kok si cewek kayak mau bener-bener menguasai abis sang doi dan mengekang atau malah bisa dibilang mengucilkan diri dari dunia luar. Jalan keluar yang terbaik adalah rasa saling percaya satu sama lain. Dari segi agama, hubungan yang harmonis dapat dicapai kalo kita menyertakan Tuhan di dalam hubungan kasih kita. “Kasihilah sesamamu manusia sama seperti kamu mengasihi-Ku,” pernyataan tersebut dikutip dari kitab suci, yang mana dasar dari ajaran-Nya adalah cinta kasih. Apapun yang kita lakukan kalo perbuatan itu menyakiti yang lain, sama juga meny akiti hati Tuhan.
Love is Not Brag
Cinta itu bukan sekedar omong besar dan terlalu kepingin cari perhatian. Seringkali cowok suka ngebual ke ceweknya, nyoba narik perhatian supaya doi tambah suka. Sesungguhnya, “A truly great person does not need to exalt himself, but others will”.
Love is Not Arrogant
Cinta ngga boleh egois, penuh omong kosong dan sombong. Melainkan rendah hati malah hampir seperti seorang pelayan layaknya. Terkadang, cowok punya sifat, “Gue bisa dapetin atau ninggalin elo.” Sifatnya berkesan, “Lo seharusnya berterimakasih ada orang sebaik gue mau nge-date ama lo.” Tentu aja, bukan itu yang namanya cinta.
Love Always Covers
Melindungi disini berarti, ngga mengkritik dan ‘mengumumkan’ kesalahan dan kejelekan pasangan kita ke orang laen. Justru cinta itu ada ketika kita tahu bahwa ngga ada satupun diantara kita yang benar-benar perfect. Lebih baik kita saling melengkapi kekurangan yang lain.
Love always Perseveres
Cinta itu takkan pernah berubah, awet untuk selamanya. Lebih bisa dibilang cinta sejati, ketika seseorang tetap mencintai walaupun bertepuk sebelah tangan. Biarpun tidak bisa memiliki namun asalkan orang yang disukai bahagia, diapun juga. Cinta sejati akan melewati segala macam cobaan, kesedihan, bencana dan stress.
Love is Not Provoked
Terkadang ada pihak ketiga yang menginginkan hubungan itu renggang. Mulailah ada gangguan-gangguan dari luar, seringkali orang jadi gampang terpancing, dan akhirnya cekcok. Seharusnya cinta sejati itu sama sekali ngga bakalan segampang itu diganggu atau dipancing oleh pihak ketiga.
Love does not seek its own
Inilah inti dari kata cinta. Jauh dari egois malah lebih cenderung mengutamakan yang lain. Love says, “I love you, I want to give to you.” Selfishness says, “I love you, I want you!”.
Love does not act unbecomingly
Artinya cinta itu anggun, sopan dan menghormati. Cinta ngga pernah mempermalukan orang lain dengan tingkah laku yang ngga senonoh. Cinta itu sensitif, so kalau ngomong mesti pake diplomasi dikit and of course good manner. Contohnya jangan lupa bukain pintu buat cewek loe.
Love is forgiving
Akhirnya, ini yang paling penting untuk sukses dalam kisah cinta. Tiap orang pasti pernah melakukan kesalahan enggak ada seseorangpun yang bener-bener sempurna. Seseorang bisa dengan gampangnya melakukan kesalahan dan dengan gampangnya melupakan kesalahan yang telah diperbuat. Kenapa juga kalau doinya yang ngelakuin kesalahan mbok yach dimaafin toh yach!!! Kesalahan yang udah di perbuat enggak boleh diungkit lagi dan tidak boleh ada rasa dendam sama sekali.
NB: Yang namanya udah cinta artinya dosa-dosa dan kegagalan masa lalu itu kudu dilupain…..Okeh !!!!!

Originally posted 2014-10-07 15:41:33.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *