Kesehatan

Bulan dan Tubuh Manusia2 min read


Perubahan siklus bulan pengaruhnya yang paling jelas terhadap manusia adalah menstruasinya wanita. Siklus haid pada wanita umumnya adalah 28 hari. Siklus bulan dan waktu bersalin manusia juga saling berhubungan, mayoritas wanita melahirkan setelah bulan purnama.
Perubahan penuh atau tidak penuh bulan juga saling berhubungan perubahan kondisi jiwa manusia. Bangsa Babilon kuno menyebut pasien penyakit jiwa sebagai ‘lunatike’, artinya adalah perubahan patologis yang dipengaruhi bulan. Hingga sekarang bangsa Amerika juga sering menggunakan istilah ini. Hasil penelitian mendapati, bahwa penderita penyakit jiwa mudah kambuh ketika bulan purnama.
Perubahan kondisi jiwa manusia juga berhubungan dengan bulan. Bulan purnama dapat membuat orang timbul tidak tenang, tegang, risau dan mengkhayal. Saat bulan purnama dapat menimbulkan kerinduan dan kemurungan masa lalu, muram dan sedih, membuat penyair mendeklamasikan sajak.
Dalam sebuah buku kuno “Shu Wen, Ba Zheng Shen Min Lun” mengatakan bahwa kuat atau lemah tubuh manusia, darah dan energi, serta meridian bersepadan dengan bulan sabit atau bulan purnama.
Bulan sabit atau bulan purnama juga berhubungan dengan kematian manusia. Penyakit kronis dan orang yang mati akibat penyakit kronis dan prostrasi (sangat lemah), kebanyakan mati lewat tengah bulan pada saat air laut surut. Penderita stroke, stroke akibat pendarahan matinya pada sebelum tengah bulan. Batuk darah yang diakibatkan TBC paru, kebanyakan terjadi dalam 7 hari sebelum bulan purnama. Pendarahan pada saluran pencernaan kebanyakan timbul lebih kurang tanggal 15. Orang yang tinggal di pantai paling dapat merasakannya, luka berdarah berhubungan dengan pasang surutnya laut, ketika pasang lebih banyak mengalirkan darah. Dan ini menunjukkan bahwa bulat tidaknya bulan juga berhubungan dengan pendarahan manusia.
Mengapa bisa demikian? Jika pembaca mempunyai pendapat cemerlang dan pengalaman dalam penelitian hal tersebut, tidak ada salahnya kita selidiki bersama. Artikel ini bermaksud untuk mendatangkan adanya masukan atau pendapat-pendapat yang berharga.

Originally posted 2014-11-02 21:35:03.

Spread the love

2 Replies to “Bulan dan Tubuh Manusia

  1. Perubahan pada perilaku seks pria saat Purnama tiba apa ada yang pernah mengalaminya ??
    Kalo yang banyak terjadi tuh berubah jadi serigala kayak di film2 ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *