Iptek Kesehatan

Obat Baru Anti TBC Paru1 min read


Menurut perhitungan, setiap tahun orang yang meninggal karena TBC paru mencapai 2 juta jiwa, bahkan keadaan bakteri kebal obat kian hari semakin umum. Terlebih lagi kondisi TBC paru di dalam wilayah negara eks Uni Soviet lebih parah lagi dibandingkan negara lain.

Ancaman penyakit tersebut, barang kali sedikit mendapat harapan dengan ditemukannya suatu antibiotik jenis baru yang dapat melawan penyakit TBC paru yang kebal obat. Jenis antibiotik yang disebut Linezolid ini, sebenarnya digunakan untuk penyakit lain, namun seorang dokter Amerika mengatakan, bahwa mereka telah mengadakan percobaan pada sejumlah penderita, dan hasilnya membuktikan efektif: Penderita-penderita ini pernah mendapat bermacam-macam terapi, namun tidak berhasil.
Sebelum ini, di dalam ruang laboratorium, Linezolid telah terbukti dapat membunuh bakteri penyakit TBC. Di bawah kondisi tiada cara yang efektif lainnya, dokter mencoba menggunakan Linezolid pada 5 penderita penyakit bersangkutan, dan mendapati memang benar-benar efektif. Namun hasil eksperimen tetap memerlukan pembuktian di dalam percobaan secara luas, kemudian perlu menunggu personel pengawasan obat untuk disetujui, baru dapat dijadikan sebagai obat untuk melawan TBC paru.
Meskipun demikian, obat tersebut mungkin juga sama seperti sebagian besar jenis antibiotik baru lainnya, sesampainya di negara-negara berkembang, harganya benar-benar sangat mahal.
Biar bagaimanapun juga, keberhasilan Linezolid telah meningkatkan harapan dokter, sehingga mereka mengetahui, bahwa di saat efektivitas obat-obatan sekarang yang ada yang kian hari kian melemah, obat yang baru dan lebih efektif sedang dalam perkembangan.

Originally posted 2014-12-21 08:25:26.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *