Iptek Tahukah Anda

MP3 Player Sedot Rp 3,4 M dari ATM1 min read

Wicaksono Hidayat – detikInet

Manchester, Seorang pria di Manchester, Inggris, berhasil membobol sebuah mesin uang (ATM) hingga mampu membelanjakan Rp 3,4 miliar (200 ribu Poundsterling). Semua itu dilakukan dengan MP3 Player.
Pria itu bernama Maxwell Parsons (41), ia melakukan pembobolan Anjungan Tunai Mandiri di sebuah toko dengan memasang MP3 Player miliknya di bagian belakang mesin. Ia bisa melakukan itu karena ATM tersebut bukan tipe yang merekat pada tembok.

MP3 Player Parsons mampu merekam data nasabah ATM tersebut. Data tersebut kemudian digunakan untuk membuat kartu palsu yang digunakan untuk berbelanja, demikian seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Minggu (19/11/2006).
Pembajakan data dilakukan MP3 Player saat data dikirimkan via jalur telepon. Nada-nada yang muncul direkam dan digunakan untuk membuat duplikat kartu nasabah yang menjadi korban.
Akibat perbuatannya, Parsons diganjar hukuman 32 bulan penjara. Meski modusnya itu berhasil membobol 200.000 poundsterling, Parsons disebut hanya memperoleh keuntungan 14.000 poundsterling.
Uniknya, Parsons tertangkap karena ia melakukan pelanggaran lalu lintas. Saat diperikas, terungkap bahwa ia memiliki kartu palsu. Saat rumahnya digeledah terkait kasus kartu palsu itu, Kepolisian Manchester pun menemukan bukti-bukti pembobolan ATM yang dilakukannya. Diduga Parsons tidak bekerja sendirian.
(wsh/wsh)

Originally posted 2006-11-19 15:53:59.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *