Motivasi

TOLONGLAH DIRI ANDA SENDIRI1 min read

Seorang pemuda miskin yang lapar duduk santai di atas sebuah jembatan, mengamati sekelompok nelayan. Ketika melihat keranjang yang berisi ikan-ikan hasil tangkapan, pria itu bergumam, “Ah, seandainya saya memiliki ikan sebanyak itu, hidup saya tidak akan seperti ini. Saya akan menjualnya untuk membeli pakaian dan makanan.” “Saya akan memberikan sejumlah ikan kepada Anda bila Anda mau sedikit membantu saya,” kata salah seorang nelayan itu.
“Tentu.”
“Tolong jaga tali pancingan ini sebentar. Ada keperluan yang harus saya bereskan di ujung jalan sana,” lanjut nelayan itu.

Sang pemuda dengan senang hati menerima tawaran tersebut. Sewaktu ia menjaga pancingan nelayan itu, ikan-ikan mulai menggigiti umpannya, dan ia pun mulai menangkap ikan-ikan tersebut. Dalam sekejap, ia mulai tersenyum lebar, menikmati aktifitasnya.
Ketika si nelayan kembali, katanya, “Saya memberikan kepada Anda ikan-ikan yang telah saya janjikan. Ini, amb! ilah semua ikan yang telah Anda tangkap. Tetapi saya juga akan memberikan sedikit nasihat bagi Anda. Lain kali, saat Anda memerlukan sesuatu, jangan menghabiskan waktu Anda dengan berkhayal dan berharap bahwa Anda akan mendapatkannya. Sibukkan diri Anda, lemparkan tali pancing Anda sendiri, dan buatlah impian Anda menjadi kenyataan.”

Originally posted 2007-02-27 15:02:32.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *